Waspadai 3 Tahapan Gejala Sifilis pada Pria dan Wanita

Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang dapat dialami oleh pria maupun wanita. Penyakit seksual ini dapat menular dengan mudah dan mengganggu aktivitas Anda sendiri. Sayangnya, penyakit ini sering datang tanpa disertai gejala. Bahkan, sejumlah orang baru menyadari bahwa mereka terinfeksi sifilis ketika memasuki akhir tahapan penyakit sifilis.

gejala sifilis

GEJALA sifilis memang tidak terlalu mencolok dan seringkali mengecoh penderitanya. Misalnya, salah satu gejala sifilis adalah timbulnya jerawat pada alat kelamin. Namun, seseorang yang tidak terinfeksi sifilis pun dapat memiliki jerawat di alat kelamin jika tidak melakukan pembersihan dengan baik.

Jika ditelaah lebih dalam, ada tiga tahapan penyakit sifilis yang bisa Anda cermati. Tahapan ini dimulai dari gejala-gejala awal yang dirasakan oleh penderitanya. Berikut adalah tiga tahapan gejala sifilis pada pria dan wanita:

Tahap Pertama

Gejala sifilis pada tahap pertama adalah muncul ruam (chancre) di tempat yang terinfeksi sifilis, biasanya alat kelamin. Ruam ini keras, bundar, dan tidak nyeri. Kadang-kadang ruam ini sedikit basah dan hanya ada pada satu tempat. Akan tetapi, kadang-kadang penderita sifilis juga memiliki ruam di area tubuh lainnya (lebih dari satu tempat).

Ruam ini biasa muncul di vulva, vagina, anus, penis, skrotum, dan bibir. Bahkan, terkadang ruamnya bisa tersembunyi di bagian dalam vagina sehingga tidak dapat dirasakan. Sayangnya, banyak orang yang menyangka bahwa ruam gejala sifilis ini adalah jerawat atau benjolan yang tidak berbahaya.

Baca juga: Awas, Penyakit Seksual Bisa Munculkan Gejala Ini pada Mr. P!

Perlu Anda ketahui, chancre dapat muncul di tubuh antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah penderitanya terinfeksi. Luka atau ruam ini dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 3-6 minggu. Namun, saat luka hilang, bukan berarti Anda terbebas dari infeksi sifilis. Anda tetap harus mengonsumsi obat untuk benar-benar menghentikan infeksi sifilis.

Tahap Kedua

Tahapan penyakit sifilis yang kedua adalah timbul ruam di telapak tangan, telapak kaki, atau bagian tubuh lainnya. Ruam sifilis sekunder ini biasanya tidak mudah terlihat dan tidak gatal. Pada tahap kedua ini, penderita juga dapat mengalami gejala seperti flu, mulai dari demam, kelelahan, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, dan pembengkakan kelenjar.

Sayangnya, gejala yang dirasakan pada tahap kedua ini memang hampir sama dengan gejala flu atau penyakit lainnya. Banyak penderita sifilis yang meremehkan gejala ini sehingga mereka tidak menyadari bahwa dirinya sedang terinfeksi sifilis.

Tahap Akhir

Pada tahapan penyakit sifilis, Anda tidak akan menemukan gejala-gejala yang signifikan. Namun, penderitanya harus tetap menjalani pengobatan selama berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun untuk memastikan bahwa Anda benar-benar bebas dari sifilis.

Baca juga: 10 Mitos dan Fakta Seputar Risiko Penyakit Menular Seksual

Sifilis memang bukan penyakit mematikan seperti HIV/AIDS. Namun, jika dibiarkan begitu saja, penyakit ini dapat menyusahkan kehidupan Anda. Sifilis dapat menyebabkan tumor, kebutaan, dan kelumpuhan. Virus sifilis dapat merusak sistem saraf, otak, dan organ tubuh lainnya. Jadi, kenali gejala sifilis sejak awal agar Anda dapat segera memperoleh pengobatan yang tepat. Infeksi sifilis yang belum parah bisa disembuhkan hanya dengan mengonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 7 hours ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 weeks ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 weeks ago