Trimester III

Hal yang Harus Dilakukan Trimester III

Hal paling penting pada trimester ketiga ini adalah mempersiapkan diri Anda, baik fisik maupun mental. Namun, beberapa hal yang juga penting Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pantau pergerakan bayi: Sejak minggu ke-28 kehamilan, Anda perlu menghitung berapa kali tendangan bayi secara rutin dan mencatat perubahan aktivitasnya, terutama di bulan ke-9 kehamilan Anda.
  • Rajin bergerak: Tetap aman untuk terus berolahraga, tentunya olahraga yang aman bagi kehamilan, hingga waktunya melahirkan tiba. Anda juga bisa melakukan jalan kaki rutin setiap pagi yang juga berguna untuk melatih pernapasan Anda.
  • Checkup dan tes: Pertimbangkan untuk melakukan cek gula darah dan darah rutin. Untuk check-up rutin, kunjungan Anda ke dokter kandungan akan berubah dari sebulan sekali menjadi seminggu sekali.
  • Persiapan menyusui: Cari tahu tentang apa dan bagaimana cara menyusui dengan membaca literatur, atau mengikuti kelas menyusui, atau banyak bertanya pada dokter, bidan atau doula Anda.
  • Bicara pada bayi: Karena bayi dalam perut Anda sudah bisa mendengar, cobalah untuk berkomunikasi dengannya. Ini bisa menjadi awal bonding yang baik bagi Anda dan bayi. Ajak bayi Anda untuk tetap kuat dan aktif serta ajak dia untuk bekerjasama saat waktunya melahirkan tiba.
  • Perlengkapan bayi: Bayi membutuhkan perlengkapan khusus. Pastikan Anda sudah membeli perlengkapan dasar untuk menyambut kehadirannya, seperti pakaian, tempat tidur, selimut, stroller, dan lain-lain.
  • Buat rencana melahirkan: Rencanakan birth plan Anda. Apakah Anda ingin melahirkan dengan bantuan dokter atau bidan, apakah Anda ingin melahirkan secara normal atau caesar, dimana Anda akan melahirkan, apakah Anda menginginkan epidural atau tidak, apakah tali pusar bayi segera dipotong atau menundanya, dan lain-lain. Namun yang terpenting adalah Anda dan bayi tetap aman dan sehat.
  • Berkemas: Jangan lupa mengemasi barang-barang Anda dan bayi untuk dibawa ke rumah sakit atau klinik bidan dalam sebuah tas, beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir bayi Anda.