Trimester I

Hal yang Harus Diwaspadai Trimester I

Selain hal-hal yang harus dilakukan, Anda juga wajib memperhatikan beberapa hal yang harus diwaspadai selama trimester pertama kehamilan.

Perdarahan Vagina

Perdarahan yang banyak bisa jadi pertanda keguguran atau kehamilan ektopik. Sedikit flek saja bisa menjadi tanda ancaman keguguran.

Jika perdarahan disertai kram perut parah yang serupa dengan kram menstruasi, ini bisa jadi pertanda kemungkinan keguguran. Dan jika perdarahan disertai rasa nyeri yang jelas di bagian bawah perut, apalagi bila disertai pingsan dan keluarnya keringat dingin, ada kemungkinan terjadi kehamilan ektopik yang terganggu.

Mual dan muntah berlebihan

Mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan adalah hal yang normal. Kebanyakan wanita memang mengalaminya. Namun jika mual dan muntah yang dialami berkepanjangan dan menyebabkan Anda dehidrasi, kehilangan berat badan dan pusing, ini adalah sesuatu yang wajib diwaspadai.

Demam tinggi

Demam tinggi hingga 38 derajat celsius atau lebih ketika hamil bisa jadi masalah serius. Ini bisa jadi pertanda adanya infeksi yang dapat berdampak pada bayi. Kemungkinan infeksi yang ada seperti cytomegalovirus (CMV), toksoplasma, dan parvovirus. CMV adalah penyebab paling umum dari tuli bawaan, dan hal ini cukup sering terjadi.

Keputihan dan gatal pada vagina

Keputihan pada ibu hamil adalah wajar, namun dalam beberapa kasus, bisa menjadi pertanda dari infeksi atau penyakit menular seksual yang akan berdampak serius pada kehamilan. Jangan malu untuk mengonsultasikan ini pada dokter Anda.
Rasa nyeri dan terbakar saat kencing. Ini bisa jadi pertanda dari infeksi saluran kemih atau ISK, jika tidak segera ditangani maka bisa menjadi penyakit serius, infeksi, ataupun kelahiran prematur.

Nyeri dan bengkak pada kaki dan betis atau sakit kepala hebat

Bengkak pada kaki merupakan hal yang wajar dan cukup sering terjadi pada ibu hamil dikarenakan rahim yang semakin besar akan menekan pembuluh balik dari tungkai yang menuju ke jantung, terutama dengan bertambah besarnya usia kehamilan. Namun apabila bengkak disertai dengan nyeri kepala hebat dan tekanan darah tinggi, hal ini dapat menjadi tanda bahaya dan harus segera ditangani.

Kemunculan penyakit kronis

Wanita hamil yang pernah memiliki riwayat penyakit atau kondisi medis tertentu seperti penyakit tiroid, diabetes, tekanan darah tinggi, asma dan/atau lupus, harus memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi selama kehamilan. Jangan lupa untuk menginformasikan hal ini pada dokter Anda ketika kontrol kehamilan.