Trimester I

Gejala Kehamilan Trimester I

Banyak sekali perubahan yang akan terjadi pada tubuh seorang wanita di trimester pertama kehamillan. Berikut ini adalahgejala awal atau tanda hamil yang paling umum terjadi pada trimester ini.

Morning sickness

Pada sebagian wanita, gejala mual dan muntah ini tidak hanya terjadi pada pagi hari. Biasanya, morning sickness terjadi dimulai dari minggu ke-5 kehamilan.

Perubahan payudara

Payudara akan menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, serta berukuran lebih besar sekitar minggu ke-6 kehamilan.

Perubahan mood

Pada sekitar minggu ke-7, wanita akan mengalami mood swing alias mood tidak stabil, dari gembira menjadi sedih atau sebaliknya dalam frekuensi singkat.

Kenaikan berat badan

Kehamilan merupakan salah satu momen bagi wanita dimana kenaikan berat badan dianggap sebagai pertanda baik. Namun kenaikan yang dianjurkan adalah 2-3 kg saja di awal kehamilan.

Seorang wanita hamil hanya butuh tambahan asupan sebesar 150 kalori per hari selama trimester pertama ini. Kalori yang sehat bisa didapat dari buah dan sayur, susu, roti gandum, serta daging tanpa lemak.

Gampang lelah

Di awal kehamilan ini, tubuh bekerja keras untuk menampung dan menjaga kandungan tetap sehat. Oleh sebab itu, wanita hamil akan lebih mudah lelah daripada biasanya. Yang bisa dilakukan adalah beristirahat kapanpun saat merasa lelah dan perbanyak mengonsumsi zat besi.

Ngidam

Sekitar 60% wanita hamil mengalami gejala hamil yang disebut ngidam, atau menginginkan suatu jenis makanan yang spesifik pada masa awal kehamilannya. Sebagian yang lain bahkan mengalami rasa jijik terhadap makanan yang awalnya justru ia sukai.

Sering buang air kecil

Meski ukuran janin masih sangat kecil, namun rahim akan terus berkembang sehingga menekan kandung kemih Anda. Alhasil, wanita hamil akan merasa ingin kencing lebih sering. Jangan mengurangi asupan air, namun kurangi konsumsi kafein. Apabila terasa ingin buang air, segeralah ke kamar kecil, jangan ditahan.

Heartburn

Salah satu gejala hamil yang sering dirasakan pada trimester awal kehamilan adalah heartburn, atau rasa terbakar di dada atau perut akibat asam lambung. Untuk mengatasinya, disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering, tidak langsung berbaring sesaat setelah makan, menghindari makanan yang banyak mengandung asam, dan menambah bantal pada bagian kepala saat tidur.

Dengan banyaknya gejala yang timbul di awal kehamilan, Anda perlu tahu mana gejala yang normal dan tidak.

Penting untuk diketahui bahwa keguguran adalah salah satu risiko paling besar di trimester pertama. Adapun gejala-gejala yang patut diwaspadai antara lain; pendarahan ringan maupun berat dari vagina, sakit perut parah, muntah terus menerus, sakit saat buang air kecil, demam lebih dari 38 derajat Celsius, bengkak-bengkak di wajah dan/atau tangan, nyeri kepala hebat, kejang, serta gangguan penglihatan.