Ternyata Ini Lho Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Kenaikan berat badan ibu hamil adalah suatu hal yang wajar. Namun, berat badan bumil tetap harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungannya. Berat badan yang berada di bawah normal tentu tidak baik, tetapi berat badan yang melebihi batas normal juga dapat membahayakan kesehatan bumil dan bayinya.

berat badan ideal ibu hamil

JIKA Anda bertanya-tanya mengenai berat badan ideal ibu hamil, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Simak informasi berikut seputar berat badan ideal ibu hamil dan tips untuk tetap menjaga berat badan ideal tersebut.

Berat Badan Normal Selama Kehamilan

Jadi, berapa sebenarnya berat badan ideal ibu hamil? The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan untuk semua wanita hamil agar menambah berat badannya mulai 11-15 kilogram selama kehamilan.

Pada trimester pertama, wanita hamil harus mengalami kenaikan berat badan sekitar 1,3-2,2 kilogram. Kemudian, di trimester kedua, kenaikan berat badan ibu hamil harus secara bertahap, yakni 1 kilogram setiap minggunya. Akan tetapi, jika sebelum dan selama kehamilan, berat badan Anda di bawah normal, maka Anda harus meningkatkan berat badan sebanyak 12-18 kilogram selama kehamilan.

Pentingnya Meningkatkan Berat Badan

Mengapa kenaikan berat badan ibu hamil menjadi suatu hal yang penting? Berat badan bumil merupakan sebuah “penentu” bagi kondisi kesehatan bayi di dalam kandungannya. Jika tubuh si ibu berada di bawah normal selama mengandung, maka risiko bayi lahir dengan berat badan di bawah normal juga semakin besar.

Berat badan bumil yang berada di bawah angka normal juga membuat si ibu kesulitan untuk memproduksi ASI. Selain itu, tubuh yang terlalu kurus dan di bawah angka ideal juga membuat si ibu menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Dokter?

Sebagaimana yang sudah dikatakan, berat badan ideal ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan sang ibu dan bayi di dalam kandungan. Termasuk jika berat badan Anda di atas normal alias overweight, Anda juga harus berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh berat badan yang normal tanpa membuat asupan nutrisi untuk bayi jadi berkurang.

Selain itu, jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk meningkatkan berat badan tapi tak kunjung mendapatkan hasil setelah berminggu-minggu, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter untuk membantu meningkatkan berat badan Anda.

Intinya, baik kekurangan maupun kelebihan berat badan sama-sama tidak baik untuk kesehatan diri sendiri dan bayi yang berada di dalam kandungan Anda.

Tips Mempertahankan Berat Badan Ideal

Ada yang mengatakan bahwa menurunkan atau meningkatkan berat badan justru lebih sulit dibanding mempertahankannya. Saat hamil, Anda tidak bisa makan sembarangan untuk meningkatkan berat badan atau tidak makan sama sekali untuk menurunkan berat badan.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau ahli gizi. Ungkapkan keinginan Anda untuk meningkatkan atau menurunkan berat badan. Mereka akan membantu Anda memilih makanan yang sehat untuk mencapai berat badan ideal ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 weeks ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 1 month ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 1 month ago