Tepatkah Pakai IUD? Jawab Dulu 10 Pertanyaan Ini

Katakanlah Anda sudah paham betul mengenai keunggulan dan kelemahan IUD, serta ingin segera menjajal keunggulan KB IUD tersebut. Namun benarkah alat kontrasepsi ini yang paling tepat untuk Anda? Sebelum memutuskan memakai Spiral, ada baiknya jawab dulu 10 pertanyaan berikut.

keunggulan kb iud

TAK hanya 99% efektif mencegah kehamilan, KB Spiral atau IUD juga direkomendasikan American Academy of Pediatrics sebagai alat kontrasepsi terbaik bagi wanita muda. Tapi kenyataannya, tak semua perempuan muda ‘cocok’ menggunakannya. Oleh sebab itu, yuk jawab dulu 10 pertanyaan berikut sebelum memutuskan pakai IUD.

1. Ingin haid lebih sedikit?

Faktanya, IUD terbagi menjadi 2 jenis yaitu tembaga (ParaGard) serta hormonal (Mirena dan Skyla). Kesemuanya berfungsi mengubah rahim menjadi lingkungan yang kurang ramah bagi sperma sehingga kehamilan tidak dapat terjadi.

Selain itu, keunggulan dan kelemahan IUD hormonal lainnya adalah menyebabkan cairan serviks lebih kental sehingga sulit bagi sperma untuk masuk ke dalam rahim. Efek lainnya adalah haid jadi lebih sedikit/ringan, bahkan ada pula pengguna Mirena yang berhenti datang bulan sama sekali.

Kebanyakan pengguna Spiral hormonal juga mengalami keluarnya bercak darah ringan hingga 6 bulan setelah proses pemasangan. Mereka juga tetap merasakan gejala mirip pre-menstrual syndrome seperti payudara sensitif.

Lain halnya dengan Spiral tembaga yang justru membuat menstruasi lebih banyak, sedikitnya selama beberapa bulan pertama pasca pemasangan.

Baca juga: IUD Tembaga vs IUD Hormon, Pilih yang Terbaik untuk Anda

2. Apakah datang bulan kerap disertai nyeri parah?

Kebanyakan perempuan menjumpai Spiral tembaga dapat memperparah nyeri haid, walau hasil studi berkata lain. Sebaliknya, sebagian besar sependapat kalau keunggulan KB IUD hormonal adalah mampu mengurangi nyeri haid seperti yang dilakukan pil KB.

3. Sering lupa minum pil KB?

Kita tahu bersama bahwa pil KB merosot keefektifannya jika lalai diminum rutin, walau hanya sekali saja. Nah di sinilah letak keunggulan KB IUD dibanding pil.

Begitu dimasukkan dalam tubuh, Anda tak perlu lagi takut hamil bahkan hingga beberapa tahun ke depan. Anda pun tak perlu lagi repot mengingat untuk minum pil rutin, atau menggunakan kondom lebih dulu sebelum berhubungan intim.

4. Apakah menderita penyakit seksual yang belum diobati?

Jangan takut melakukan tes penyakit menular seksual karena meski hasilnya nanti tak sesuai harapan, metode pengobatannya sudah jauh lebih maju ketimbang sebelumnya. Selain itu, ketahuilah bahwa salah satu syarat pemasangan Spiral adalah kondisi lingkungan vagina harus sehat.

Menggunakan IUD selagi menderita penyakit seksual hanya meningkatkan risiko infeksi panggul selama dan setelah prosedur (meski kemungkinannya rendah). Oleh karenanya, lakukan tes (serta pengobatan) lebih dulu  sebelum memakai Spiral.

Baca juga: Tes Penyakit Menular Seksual Bisa Anda Lakukan di Rumah, Lho!

5. Apa ada tumor jinak dalam tubuh?

Banyak yang percaya kalau perempuan dengan tumor jinak tidak bisa menggunakan Spiral, namun hal ini tidak benar. Hasil studi 2010 menjumpai Spiral hormonal tetap efektif mencegah kehamilan pada perempuan yang memiliki tumor jinak. Alat ini juga tidak mengiritasi tumor atau memicu bertambahnya jumlah darah yang keluar selama menstruasi.

6. Apakah BPJS/asuransi juga mencakup IUD?

Faktanya, biaya pasang IUD tidaklah murah karena berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun untungnya, BPJS dan juga beberapa perusahaan asuransi menyediakan fasilitas IUD murah bahkan gratis, meski mungkin tidak untuk semua tipe. Jadi jangan segan menanyakan pada perusahaan asuransi ataupun pihak BPJS terkait hal ini sebelum melakukan pemasangan.

7. Adakah rencana punya anak dalam waktu 6-12 bulan ke depan?

Memang tidak ada batasan mengenai berapa lama seseorang harus menggunakan Spiral. Jika ingin pun, ia boleh memasang IUD hari ini, lalu mengeluarkannya 2 bulan kemudian. Toh kemampuan hamil juga langsung kembali sehari setelah IUD dicopot.

Namun karena biayanya yang mahal, agaknya sayang bila alat kontrasepsi ini hanya dipakai dalam jangka waktu singkat. Oleh karenanya, metode pencegah kehamilan ini lebih cocok untuk perempuan yang memang ingin menunda kehamilan dalam jangka waktu lama. Tinggal pilih saja mau pakai IUD tembaga (ampuh cegah kehamilan hingga 10 tahun) atau hormonal (3-5 tahun).

8. Apakah Anda ingin menjauhi kontrasepsi hormonal?

Perempuan yang ingin menjauhi kontrasepsi hormonal tetap bisa menggunakan IUD jenis tembaga. Namun ingat, tak seperti jenis hormonal, ParaGard tidak mampu membuat haid lebih ringan.

9. Bisakah 2 minggu dilalui tanpa seks, atau paling tidak tetaplah menggunakan pengaman?

Meski seorang perempuan bisa langsung berhubungan intim setelah proses pemasangan IUD, namun bantuan kondom atau alat kontrasepsi lain masih dibutuhkan hingga 2 minggu ke depan.

Alasannya karena selama periode waktu tersebut, risiko penyakit seksual berubah menjadi infeksi panggul sangatlah tinggi. Tentu saja batasan ini tak berlaku jika Anda dan pasangan 100% monogami dan Anda berdua bebas penyakit seksual.

10. Apa Anda tidak kuat menahan sakit?

Beberapa dokter menggambarkan rasa sakit pemasangan Spiral tak jauh beda dengan Pap smear atau cubitan biasa. Namun itu kata beberapa dokter.

Beberapa pengguna IUD mengaku proses pemasangannya sangat menyakitkan, dan tak sedikit yang merasakan kram beberapa jam setelahnya. Jadi bila Anda termasuk seseorang yang sensitif atau tidak kuat menahan sakit, mungkin ada baiknya mencari alternatif alat kontrasepsi lain. Tapi tentu saja semua keputusan kembali ke tangan Anda.

Baca juga: 10 Trik Menghindari Rasa Sakit saat Pemasangan IUD

Waiting for the best is never useless.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago