Prostatitis

Diagnosis Prostatitis

Diagnosa prostatitis dilakukan dengan terlebih dulu mengenali gejala dan penyebab prostatitis yang Anda alami. Dokter biasanya akan menanyai atau mewawancarai Anda seputar ciri prostatitis yang Anda rasakan, juga riwayat penyakit sebelum mengalami prostatitis. Setelah itu, dokter akan melakukan serangkaian tes fisik, termasuk pemeriksaan yang berkaitan dengan anal.

Tes urin

Dokter akan mengambil contoh urin untuk menganalisis infeksi urin yang mungkin sedang Anda alami. Contoh urin biasanya dites di laboratorium.

Tes darah

Tes darah akan dokter gunakan untuk mengetes infeksi urin dan atau masalah prostat lainnya.

Post-prostatic massage

Dalam beberapa kasus, dokter akan memijat kelenjar prostat Anda untuk mengetahui hasil cairan yang keluar.

Imaging test

Di beberapa kasus, dokter mungkin akan melakukan CT Scan untuk mengecek infeksi pada kelenjar prostat Anda. CT Scan lebih efektif untuk mengetahui detail kondisi kelenjar prostat. Sebelum melakukan CT scan, dokter dapat pula melakukan USG trans rektal untuk melihat kondisi dari kelenjar prostat.

Berdasarkan hasil tes yang tadi dilakukan, dokter akan mengelompokkan prostatitis Anda dalam kategori prostatitis bakterial akut, prostatitis bakterial kronis, atau prostatitis nonbakterial kronis.