Penyebab Keputihan Sebelum Haid

Beberapa hari menjelang haid tiba-tiba muncul keputihan yang cukup banyak. Padahal hari-hari sebelumnya Anda tidak mendapatkan keputihan. Apakah keputihan menjelang haid ini normal dan tidak berbahaya? Adakah penjelasan mengenai penyebab keputihan sebelum haid? Temukan penjelasan selengkapnya di bawah ini.

penyebab keputihan sebelum haid

APAKAH keputihan menjelang haid itu normal dan tidak berbahaya? Perlu Anda ketahui bahwa setiap wanita pasti mengalami keputihan sebelum haid. Volume cairan yang keluar berbeda-beda dan biasanya tidak disertai bau. Selain itu, warna keputihan yang tadinya putih juga bisa berubah coklat lantaran perubahan hormon yang terjadi sebelum menstruasi.

Lantas, apakah keputihan sebelum haid itu normal? Jawabannya adalah ya. Namun Anda juga patut waspada jika keputihan tersebut menimbulkan tanda-tanda yang abnormal.

Bagaimana Proses Keputihan Sebelum Haid?

Keputihan yang muncul sebelum haid dinamakan leukorrhea. Dalam siklus menstruasi, kondisi ini disebut dengan fase luteal. Pada fase ini hormon progestron di dalam tubuh meningkat. Peningkatan progestron menyebabkan cairan jadi lebih kental dan keruh.

Sejumlah wanita memanfaatkan keputihan menjelang haid ini untuk mendeteksi kesuburan. Keputihan yang encer dan sedikit dianggap menandakan masa subur. Sementara jika keputihan lebih banyak dan kental artinya wanita sedang tidak berada dalam masa subur.

Terlepas dari faktor kesuburan, keputihan sebelum haid menandakan bahwa Anda sehat dan vagina terlumasi. Vagina yang kering akan menimbulkan rasa nyeri ketika berhubungan intim. Jadi, vagina yang mendapatkan keputihan sebelum haid adalah normal.

Penyebab Keputihan Sebelum Haid

Ada beberapa faktor penyebab keputihan sebelum haid yang mungkin belum Anda ketahui, antara lain adalah:

Fungsi sistem reproduksi normal

Keluarnya cairan keputihan sebelum menstruasi adalah bagian yang normal dari siklus menstruasi. Keputihan ini kadang-kadang disebut “lendir putih telur,” karena teksturnya yang tipis, elastis, licin, dan tidak berbau.

Efek samping kontrasepsi

Sejumlah jenis alat kontrasepsi dapat mengubah tingkat hormon di dalam tubuh  Anda. Hal ini  dapat menyebabkan peningkatan debit cairan yang keluar dari vagina. Dengan kata lain ini adalah efek samping yang normal dari alat kontrasepsi tertentu.

Tanda kehamilan

Penyebab keputihan sebelum haid bisa merupakan sebuah tanda kehamilan. Bahkan, tekstur keputihan yang menandakan kehamilan ini cenderung lebih kental. Akan tetapi, keputihan menjelang haid bukan salah satu penentu kehamilan. Sebaiknya Anda mengecek ke dokter atau menggunakan testpack di rumah untuk memastikannya.

Penyakit menular seksual

Gonore, klamidia, dan trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang paling mungkin menyebabkan keluarnya cairan keputihan sebelum haid. Jika Anda memiliki kencing nanah atau klamidia, cairan akan berwarna lebih kuning. Namun, penyakit menular seksual ini sering tanpa gejala. Sementara trikomoniasis lebih cenderung mengarah pada gejala berupa cairan keputihan yang kehijauan atau kekuningan, bau berbau amis, dan menyebabkan gatal.

Infeksi ragi (kandidiasis)

Infeksi ragi bisa dialami oleh siapa saja dan penyebabnya tidak dapat diketahui. Namun, penggunaan antibiotik biasanya merupakan faktor wanita mengalami infeksi ragi, dan kemungkinan besar keputihannya akan muncul sebelum haid.

Kadangkala, cairan keputihan yang disebabkan oleh infeksi ragi tampak seperti keju cottage. Infeksi jamur ini juga menyebabkan gatal dan rasa terbakar di vagina dan vulva.

Bakterial vaginosis

Bakterial vaginosis adalah infeksi yang terjadi ketika ada keseimbangan alami bakteri di dalam vagina berubah. Penyebabnya tidak diketahui, tapi ada sejumlah fakotr yang meningkatkan risikonya, seperti merokok, melakukan douching, dan berganti-ganti pasangan saat melakukan seksual. Keputihan yang disebabkan dari bakteri vaginosis disertai dengan bau amis dan warna putih keabu-abuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 3 months ago