Pasangan Selingkuh, Maafkan atau Tinggalkan?

Mendengarkan cerita teman yang diselingkuhi seringkali membuat gemas. Karena, tunggu apa lagi? Bila pasangan selingkuh, putuskan saja segera. Mudah memang berbicara demikian jika tak mengalami sendiri. Namun, bagaimana jika hal ini terjadi pada Anda? Memaafkan pasangan yang selingkuh memang tidak mudah, tetapi memutuskannya begitu saja juga ternyata tak semudah itu. Lalu, apa dong yang harus dilakukan?

pasangan selingkuh

MEMAAFKAN pasangan yang selingkuh jelas tidak mudah. Saat tahu pasangan selingkuh, reaksi pertama biasanya adalah marah dan tentu saja perasaan ingin meninggalkan. Keputusan untuk meninggalkan pasangan selingkuh terasa sangat mudah. Namun, ketika kemarahan mulai reda, Anda biasanya mulai bimbang.

Ternyata ada banyak pertimbangan yang mesti dipikirkan sebelum memutuskan untuk berpisah, terutama bagi pasangan yang telah menikah dan memiliki buah hati. Salah satunya adalah perbedaan persepsi tentang perselingkuhan.

Ada orang yang menganggap perselingkuhan dimulai ketika pasangan memikirkan orang lain, tetapi ada pula yang menganggap perselingkuhan hanya terjadi ketika ia melakukan hubungan intim dengan orang lain. Di mana batas Anda?

Jadi, apa yang harus dilakukan setelah tahu pasangan berselingkuh? Beberapa hal yang kami kutip dari bustle.com ini mungkin dapat jadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

Bagaimana Sikapnya terhadap Perselingkuhan?

Sebelum memutuskan untuk memaafkan pasangan yang selingkuh, dalami dulu sikap pasangan Anda. Setelah perselingkuhan terungkap, bicaralah dari hati ke hati dengannya untuk tahu pandangannya terhadap perselingkuhan. Bila ia malah menyalahkan Anda, berarti ia belum siap untuk berubah. Maka, tinggalkanlah.

Temui Terapis Bersama

Mungkin saja terapis, konselor, atau psikolog bukanlah hal yang asing bagi Anda. Namun, bagaimana dengan pasangan Anda? Jika perselingkuhan muncul dalam hubungan kalian berdua, maka ini waktunya untuk menemui terapis bersama. Dengan demikian, baik Anda maupun pasangan dapat mengungkapkan keluhan masing-masing dan dimediasi oleh orang yang tepat.

Baca juga: Si Dia Ketahuan Selingkuh? Ini yang Harus Dilakukan

Kenali Masalah yang Terpendam

Menemui terapis adalah hal bagus. Namun, seringkali, untuk mengetahui permasalahannya, Anda dan pasangan harus lebih sering membicarakannya berdua saja secara privat. Kenali hal yang mengganjal di antara kalian berdua supaya suatu saat nanti perselingkuhan tidak terjadi lagi.

Bayangkan Hidup Tanpa Pasangan Anda

Sebelum memutuskan hubungan, bayangkanlah hidup tanpa si dia. Banyak pasangan bercerai yang akhirnya memutuskan untuk kembali bersama karena tahu rasanya hidup sendiri. Maka, daripada menyesal kemudian, lebih baik lakukan pencegahan.

Bayangkan rasanya hidup tanpa pasangan Anda yang sekarang. Bila kira-kira akan jadi lebih baik, maka pilihan untuk meninggalkan bukanlah hal buruk.

Apakah Anda Bisa Memaafkannya?

Memaafkan bukanlah pekerjaan mudah, apalagi jika pasangan terbukti mengkhianati Anda. Memaafkan bukan berarti mengizinkan perselingkuhan. Memaafkan berarti Anda bersedia untuk menutup bab kelam ini dan melanjutkan hidup.

Jangan terima kembali si pasangan seandainya Anda tidak siap untuk memaafkannya. Pasalnya, jika Anda belum siap memaafkan, kalian hanya akan menyalahkan satu sama lain dan ini jelas memperkeruh suasana.

Baca juga: Cara Memulihkan Hubungan setelah Perselingkuhan

Apakah Anda Masih Saling Mencintai?

Kadang cinta menyelesaikan segalanya. Kadang pulang tidak. Setelah perselingkuhan, pertanyaannya adalah: apakah Anda dan pasangan masih saling mencintai?

Ingatlah bahwa cinta lebih dari sekadar romansa. Cinta adalah bentuk kerja sama di mana Anda tak hanya mementingkan kebahagiaan diri sendiri, tapi juga memperhatikan kebahagiaannya.

Bila Anda memutuskan untuk tetap bersama setelah perselingkuhan, lebih baik diskusikan dengan pasangan bagaimana cara mengungkapkan cinta. Cari tahu apa yang membuatnya bahagia supaya Anda dan dia dapat bekerja sama untuk saling membahagiakan.

Akhirnya, ada banyak faktor yang dapat menentukan pilihan Anda setelah perselingkuhan pasangan terungkap. Namun, yang perlu Anda tahu, lakukanlah hal yang membuat Anda nyaman dan bahagia. Anda adalah orang yang paling tahu diri Anda.

nuriamalia

passionate writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 7 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 8 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 8 months ago