Mengapa Keputihan Sering Kambuh?

Sudah menjaga kebersihan organ intim kewanitaan, tapi mengapa keputihan sering kambuh? Perlu Anda ketahui bahwa keputihan yang sering kambuh bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, bukan hanya karena kondisi organ intim kewanitaan yang kurang bersih saja. Ciri keputihan yang datang berulang ini bisa berupa warnanya yang kekuningan atau kehijauan dan disertai dengan aroma yang tak sedap.

keputihan yang sering kambuh

BAGI Anda yang mengalami keputihan yang sering kambuh, sebaiknya kenali penyebab keputihan berikut agar Anda bisa mengurangi sejumlah faktor risikonya.

Aktif Berhubungan Seksual

Sejatinya, keputihan tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual. Namun, hubungan seksual yang sering berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom bisa memicu timbulnya keputihan yang sering kambuh.

Hubungan seksual dapat mengantarkan mikroba baru ke dalam vagina. Hal ini dapat mengubah pH vagina dan mengurangi bakteri baik di dalam vagina. Wanita yang tidak pernah melakukan hubungan seksual justru memiliki risiko lebih kecil mengalami keputihan yang sering kambuh ini.

Baca juga: Ini Bedanya Cairan Vagina Normal dan Abnormal

Genetika

Percaya atau tidak, penyebab keputihan berkambuh ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Meskipun penelitian ini hampir tidak konklusif, ada bukti bahwa mutasi genetik tertentu dapat mempengaruhi produksi hormon pelepas kortikotropin (CRH), zat yang memainkan peran penting dalam mengatur kekebalan dan peradangan.

Para ilmuwan percaya bahwa kelainan pada produksi CRH dapat mempengaruhi jaringan vagina dan memicu ketidakseimbangan dalam populasi bakteri, terutama selama kehamilan.

Faktor Risiko Seksual

Berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual adalah salah satu faktor penyebab keputihan berulang. Pasangan seksual baru bisa membawa bakteri dan mikroorganisme baru ke dalam vagina dan mungkin tubuh Anda tidak bisa beradaptasi untuk menerimanya.

Di samping itu, seks oral pada vagina dan penggunaan alat bantu seks yang tidak bersih juga menimbulkan keputihan, apalagi di dalam mulut manusia terdapat berbagai macam bakteri. Ketika melakukan seks oral, maka bakteri di dalam mulut dapat berpindah ke vagina.

Douching

Douching adalah bentuk perawatan organ intim kewanitaan dengan menyemprotkan sejenis cairan tertentu ke dalam liang vagina. Perawatan ini dapat menghilangkan bakteri baik di sekitar vagina dan menimbulkan infeksi.

Membersihkan vagina sebenarnya hanya perlu menggunakan cairan antiseptik khusus yang dibasuhkan perlahan pada bagian luar vagina, bukan disemprotkan ke dalam vagina.

Baca juga: Teknik Douching untuk Membersihkan Vagina, Amankah?

Merokok

Bagi wanita yang menjadi perokok aktif, ketahuilah bahwa merokok dapat mengurangi dua bakteri penting untuk kesehatan vagina Anda, Lactobacillus iners dan Lactobacillus crispatus. Merokok juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga lebih sulit untuk melawan infeksi ketika saat memerlukan sirkulasi darah yang lancar.

Dengan memahami sejumlah penyebab keputihan ini, semoga Anda bisa lebih menghindari faktor-faktor penyebab tersebut dan lebih serius dalam memperhatikan kesehatan dan kebersihan vagina.

Jika Anda sudah menghindari semua faktor penyebab keputihan dan masih sering mengalami keputihan, sebaiknya cek kesehatan organ intim kewanitaan di dokter spesialis kulit dan kelamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 3 months ago