Kutu Kemaluan, Parasit yang Menyerang Organ Intim

Pernah merasakan gatal-gatal di area kemaluan? Waspada, hal tersebut bisa disebabkan karena adanya kutu kemaluan. Serangga dengan bentuk seperti kepiting ini biasa bersarang di rambut kemaluan. Kalau Anda coba menggaruknya dengan jari, kadang-kadang kutu ini akan tersangkut di kuku Anda.

gejala kutu kemaluan

GEJALA kutu kemaluan ditandai dengan gatal yang tidak tertahankan sehingga membuat kita ingin terus menggaruknya. Namun apakah keberadaan kutu kemaluan ini berbahaya? Yuk, cari tahu seputar kutu kemaluan secara lebih jelas.

Apa Itu Kutu Kemaluan?

Kutu kemaluan juga disebut sebagai kutu kepiting karena bentuk tubuhnya memang menyerupai kepiting. Nama ilmiah kutu tersebut adalah Phthirus pubis. Kutu ini menyebar melalui kontak seksual. Meskipun kadang-kadang  juga bisa ditularkan melalui kontak dengan barang-barang milik orang yang sudah terkena kutu ini, seperti handuk, pakaian, atau seprai.

Meskipun diketahui sering bersarang di rambut kemaluan, kutu ini juga sering ditemukan di area tubuh lainnya yang lembab, seperti rambut ketiak, rambut wajah, atau bahkan di bulu mata.

Kutu dewasa akan bertelur di batang rambut yang berada di dekat kulit, lalu dalam waktu 7-10 hari telurnya akan menetas. Kutu kemaluan hidup dengan menghisap darah manusia. Masa hidup kutu kemaluan jika berada jauh dari tubuh manusia hanya 24-48 jam saja.

Gejala Kutu Kemaluan

Gejala kutu kemaluan yang paling umum adalah gatal di area kemaluan. Anda akan kesulitan saat mencari telur kutu ini dengan mata telanjang. Namun jika diteliti, Anda bisa menemukan telur kutu kemaluan melekat kuat pada batang rambut.

Setelah menetas, seekor bayi kutu yang disebut nimfa muncul. Hanya dalam waku 7 hari saja, bayi kutu kemaluan bisa menjadi kutu dewasa. Kutu kepiting yang sudah dewasa akan bisa terlihat dengan mata telanjang. Namun karena kutu ini biasanya berwarna coklat, hitam, atau abu-abu, maka akan sulit terlihat.

Ketika kutu kemaluan menggigit kulit, maka akan terlihat benjolan kecil berwarna gelap. Jika diteliti di bawah mikroskop, bisa terlihat bahwa kutu ini memiliki enam kaki. Dua kaki yang paling depan terlihat seperti capit kepiting. Kaki yang seperti capit inilah yang kadang membuat rasa gatal dan nyeri.

Pengobatan Kutu Kemaluan

Seseorang yang merasakan berbagai gejala kutu kemaluan harus segera mendapat pengobatan yang baik agar kembali merasa nyaman. Ada sejumlah obat kutu kemaluan yang dijual di pasaran. Namun Anda harus berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan obat yang tepat.

Selain menggunakan obat kutu kemaluan secara teratur, Anda juga harus menyisir rambut kemaluan dengan sisir bergerigi rapat untuk membuang kutu yang masih bersarang di batang rambut. Sementara jika Anda menemukan kutu ini di bulu mata, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah membuangnya dengan jari. Hindari penggunaan obat kutu kemaluan berbahan kimia di area bulu mata.

Cara Mencegah Kutu Kemaluan

Tidak sulit untuk mencegah infeksi kutu kemaluan. Anda hanya perlu melakukan seks yang sehat dan menjaga kebersihan di area organ intim. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi kutu kemaluan:

  • Cuci handuk, seprai, dan pakaian secara teratur. Jangan menggunakan barang-barang tersebut dalam keadaan kotor
  • Setelah melakukan hubungan intim, bersihkan organ intim dengan air dan sabun. Kemudian, keringkan dengan handuk lalu gunakan pakaian dalam yang bersih
  • Jaga kebersihan kamar mandi dan toilet karena kutu ini juga bisa bersarang di tempat-tempat lembab selain tubuh manusia
  • Hindari melakukan hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi kutu kemaluan. Apabila saat ini Anda merasakan gejala kutu kemaluan yang bersarang di organ intim, segera dapatkan pengobatan medis yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 3 months ago