Kurang Asupan Vitamin D Ternyata Bisa Sebabkan Keputihan!

Keputihan adalah masalah yang umum dialami oleh wanita. Akan tetapi, jika keputihan tersebut dalam jumlah banyak dan mengeluarkan bau tak sedap, mungkin itu sudah masuk kategori bacterial vaginosis (BV) yang biasanya disebabkan oleh hubungan seksual tanpa menggunakan kondom atau douching (membasih vagina dengan cairan khusus). Di samping itu, ada yang mengatakan bahwa penyebab keputihan juga bisa disebabkan karena kekurangan Vitamin D. Lantas, benarkah hal tersebut?

penyebab keputihan

PENYEBAB keputihan yang paling utama adalah cuaca yang terlalu panas, kondisi kesehatan yang memburuk, tidak menjaga kebersihan organ intim kewanitaan, penggunaan alat kontrasepsi spiral dan penggunaan metode douching untuk membersihkan vagina. Selain itu, hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan tanpa memakai kondom juga berpotensi menyebabkan keputihan yang tidak wajar.

Sebuah studi yang dirilis The Journal of Nutrition pada Juni 2009 menemukan fakta bahwa ada hubungan antara kekurangan Vitamin D dengan pertumbuhan bakteri di vagina. Penelitian ini melibatkan 469 wanita hamil, yaitu 209 wanita kulit putih dan 260 wanita kulit hitam.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa lebih dari setengah peserta tidak memperoleh asupan vitamin D yang cukup. Wanita dengan asupan vitamin D kurang dari 50 persen berpotensi tinggi mengalami keputihan.

Secara signifikan lebih banyak wanita kulit hitam yang mengalami keputihan daripada wanita kulit putih. Sebanyak 52 persen wanita kulit hitam memiliki infeksi vagina, sedangkan wanita kulit putih yang mengalami keputihan hanya sekitar 27 persen saja. Diperkirakan perbedaan ini terjadi karena kulit yang lebih gelap tidak mensintesis vitamin D ketika terpapar oleh sinar matahari.

Namun, sebuah penelitian dari Zimbabwe yang melibatkan sejumlah wanita kulit hitam tidak menemukan hubungan antara vaginosis bakteri dan kadar vitamin D rendah, baik pada wanita hamil atau wanita yang tidak hamil.

Ciri keputihan yang tidak wajar adalah volume cairannya banyak, warnanya kekuningan atau kehijauan, dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Intinya, apabila Anda meemukan ciri keputihan ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca juga: Keputihan Berwarna Kuning, Normalkah?

Perlu Anda ketahui bahwa hubungan antara asupan aitamin D dan keputihan belum bisa dinyatakan benar. Namun, tak ada salahnya memenuhi kebutuhan aitamin D harian untuk mencegah dan mengurangi keputihan.

Jika mengalami keputihan abnormal, Anda bisa mengonsultasikan hal ini kepada dokter. Biarkan dokter yang menentukan apakah Anda membutuhkan tambahan suplemen Vitamin D atau tidak. Yang paling penting, Anda harus menjauhi segala faktor penyebab keputihan jika sudah pernah mengalami keputihan abnormal ini.

Baca juga: Ini Bedanya Cairan Vagina Normal dan Abnormal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 9 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 10 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 10 months ago