Kontrasepsi Metode Intrauterine

IUD Tembaga Kontrasepsi Metode Intrauterine

Salah satu jenis IUD adalah IUD Tembaga. Pada jenis ini, alat kontrasepsi IUD yang terbuat dari plastik dan berbentuk huruf T dibungkus dalam material tembaga. Sekali terpasang, jenis IUD ini dapat mencegah kehamilan hingga jangka waktu 10 tahun.

IUD tembaga terbukti 99% efektif mengendalikan kehamilan dan 100% bebas hormon sehingga tak akan terlalu mempengaruhi kondisi mental Anda.

Cara Pemakaian IUD Tembaga

Cara pemasangan IUD tembaga dilakukan dengan terlebih dulu mengecek kondisi kesehatan calon pemakai. Selain mengetes kesehatan organ panggul, dokter mungkin pula menyarankan tes penyakit menular seksual. Bila hasil tes bagus, Anda dapat langsung memasang IUD tembaga dengan syarat siklus menstruasi Anda berjalan lancar.

Pun, untuk memasang alat kontrasepsi ini, Anda diharapkan telah menggunakan alat kontrasepsi lain sebelumnya dan belum berhubungan seks sejak periode menstruasi terakhir, untuk memastikan belum terjadi pembuahan di rahim Anda. Pemasangan IUD tembaga hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan tanpa operasi.

Setelah terpasang, cara kerja IUD tembaga dalam mencegah kehamilan adalah dengan memicu berkumpulnya sel imun yang dapat membunuh sperma, sehingga sperma tidak dapat menyentuh sel telur.

Pada kondisi yang sangat jarang terjadi, IUD mungkin terlepas. Bila ini terjadi pada Anda, segera hubungi dokter dan konsumsi alat kontrasepsi lainnya sebagai metode lainuntuk mencegah kehamilan.

Efek Samping IUD Tembaga

IUD tembaga memiliki efek samping. Selain dapat menimbulkan penyakit radang panggul atau PID (pelvic inflammatory disease), IUD tembaga akan membuat periode menstruasi Anda berjalan lebih lama. Dan di antara periode menstruasi yang satu dan lainnya, pengguna IUD tembaga akan sering menemukan flek-flek darah.

Pada beberapa wanita, kasus seperti ini berlangsung selama 2 hingga 3 bulan. Meski jarang terjadi, dalam kasus yang lebih parah, IUD tembaga dapat tersangkut di uterus sehingga membutuhkan tindakan operasi untuk melepaskannya.