Kontrasepsi Hormonal Bisa Atasi Haid Berlebihan?

Haid berlebihan dan lama memang menyusahkan. Lantas benarkah bahwa kontrasepsi hormonal merupakan salah satu cara mengatasi haid berlebihan?

haid berlebihan dan lama

MENORRHAGIA merupakan istilah medis yang digunakan untuk haid berlebihan dan lama. Jika tak segera dirawat, menorrhagia dapat memicu anemia akibat kekurangan zat besi.

Riset memperkirakan 10% wanita usia produktif mengalami haid berlebihan dan lama, namun hanya 30% di antaranya yang benar-benar mencari perawatan untuk mengatasinya.

Benarkah kontrasepsi hormonal bisa atasi haid berlebihan?

Faktanya, kontrasepsi hormonal seperti pil KB memang mampu mengurangi haid berlebihan secara keseluruhan, baik dari segi volume maupun lamanya pendarahan. Oleh sebab itu, kontrasepsi hormonal memang bisa dijadikan salah satu cara mengatasi haid berlebihan.

Selain dampaknya dapat diputarbalikkan (ya, penderitanya masih bisa hamil setelah pemakaian dihentikan), efek samping kontrasepsi hormonal juga lebih kecil dibanding metode pengobatan lainnya, seperti ablasi endometrium. Dampak metode pengobatan menorrhagia yang melibatkan prosedur bedah ini tak bisa dikembalikan lagi karena membuat perempuan steril (tidak dapat hamil lagi).

Jenis kontrasepsi hormonal yang dapat atasi haid berlebihan

Berikut ini kami paparkan beberapa jenis kontrasepsi hormonal yang terbukti mampu atasi menorrhagia:

  • Kontrasepsi hormonal kombinasi – mengandung progestin dan estrogen sintetis
  • Pil KB kombinasi – menyebabkan berkurangnya volume darah haid yang keluar setiap bulannya sebanyak 40-50%. Hasil riset juga menemukan pil kombinasi trifasik mampu atasi haid berlebihan.
  • Pil KB yang memperpanjang siklus haid (extended-cycle pills) – mampu menurunkan pendarahan secara keseluruhan. Jika tak mau memilih jenis ini, Anda juga bisa menggunakan pil KB biasa untuk menghentikan menstruasi sama sekali. Bagi beberapa wanita, berhenti haid memang terasa melegakan bukan?
  • Kontrasepsi progestin – pas untuk perempuan yang tidak cocok atau dilarang memakai kontrasepsi yang mengandung estrogen. Dari semua metode penggunaan kontrasepsi progestin, beberapa bahkan dapat menghentikan datang bulan sama sekali.
  • IUD (Spiral) hormonal – jenis spiral ini juga mengandung progestin saja. Hasil riset menyatakan, IUD hormon mampu mengurangi pendarahan berlebih serta meningkatkan kualitas hidup penderita menorrhagia. Tak tanggung-tanggung, volume darah dijumpai berkurang 86% setelah 3 bulan penggunaan, dan 97% sesudah 12 bulan. Dibanding wanita pengguna pil progestin saja (norethindrone), pengguna IUD hormon juga lebih puas dan lebih bersedia melanjutkan pengobatan. Oleh karenanya, tak heran bila pihak FDA Amerika kemudian mengesahkan Mirena sebagai salah satu cara ampuh atasi mens berlebihan.

Baca juga: 5 Hal tentang Kontrasepsi yang Perlu Anda Tahu

Kesimpulannya

Perlu diketahui bahwa setiap perempuan memiliki reaksi berbeda untuk metode kontrasepsi hormonal yang dipakainya. Jadi ulasan di atas tadi hanya bersifat umum.

Selain itu, ingatlah pula bahwa tujuan utama penggunaan kontrasepsi hormonal adalah mencegah kehamilan. Namun bila Anda menderita haid berlebihan dan ingin memakai kontrasepsi hormonal sebagai solusinya, sebaiknya diskusikan lebih dulu dengan dokter.

Waiting for the best is never useless.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 weeks ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 1 month ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 1 month ago