Kenapa Sih Perselingkuhan Terjadi? Ini Dia 9 Alasannya

Penyebab perselingkuhan tidak melulu tentang seks. Memang betul seks dapat menjadi penyebabnya. Namun, hanya karena memiliki kehidupan seks yang hebat di atas ranjang, bukan berarti pasangan terbebas dari risiko perselingkuhan. Pasalnya, banyak faktor penyebab selingkuh lainnya yang lebih dari sekadar seks. Jika Anda belum tahu, kami berikan bocorannya berikut ini.

faktor penyebab selingkuh

BILA ditanya penyebab perselingkuhan yang paling umum, seks mungkin masuk dalam jajaran daftar teratas. Jawaban ini tidak mengherankan karena banyak sekali kasus perselingkuhan yang ditemui di media atau film berawal dari kehidupan seks yang tidak memuaskan.

Karena seringnya terpapar informasi seperti ini, banyak masyarakat yang kemudian menganggap seks sebagai faktor penyebab selingkuh yang utama. Padahal, faktor penyebab selingkuh tidak terbatas pada seks saja. Stres di rumah ataupun di kantor misalnya juga bisa memicu perselingkuhan.

Karena itu, untuk mencegah perselingkuhan, seks bukanlah satu-satunya hal yang mesti dirawat dalam hubungan. Kebahagiaan dan kepuasan pasangan perihal hubungan itu sendiri perlu menjadi perhatian.

Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi risiko perselingkuhan, ada baiknya ketahui dulu penyebab perselingkuhan yang paling lazim berikut ini yang dikutip dari bustle.com.

Keinginan Menghindari Konflik

Ada beberapa orang yang tidak dapat menangani konflik dengan baik. Ini jelas bisa membahayakan hubungan. Sebab, ketika orang ini menemui konflik dengan pasangannya, ia akan mencari pelarian ke tempat lain yang bebas konflik. Ya apa lagi kalau bukan hubungan sementara alias perselingkuhan?

Tidak Memiliki Batas yang Tegas

Memiliki hubungan yang akrab dengan orang lain selain pasangan tidaklah salah selama ada batas yang jelas dalam hubungan itu. Perselingkuhan seringkali terjadi begitu saja ketika tidak ada batas yang tegas dalam pertemanan. Untuk menghindari perselingkuhan, cobalah tentukan batas yang jelas dalam pertemanan. Putuskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Baca juga: 7 Cara Menghindari Terjadinya Perselingkuhan dalam Relationship

Ingin Divalidasi

Setiap orang ingin divalidasi dan didukung sepenuhnya oleh pasangan. Sayangnya, kadangkala hal-hal seperti ini tidak ditemui dalam hubungan.

Saat menemui hambatan seperti ini, alih-alih mendiskusikannya dengan pasangan, ada orang-orang yang memilih jalan pintas dan mencari pelarian dengan berselingkuh.

Ingin Menyelamatkan Hubungan

Sounds weird, right? Beberapa orang memang berselingkuh sebagai bentuk “teriakan minta tolong”.

Pikirnya, dengan berselingkuh, pasangan akan tahu bahwa ia tidak bahagia dengan hubungan ini. Cara menyelamatkan hubungan yang tidak pantas diapreasiasi tentunya.

Usaha Mengakhiri Hubungan

Jika faktor penyebab selingkuh di poin sebelumnya adalah menyelamatkan hubungan, rupanya ada pula orang yang berselingkuh karena memang ingin mengakhiri hubungan. Pertanyaannya, mengapa tidak langsung bicara pada pasangan jika memang ingin putus?

Orang-orang yang melakukan hal ini biasanya tidak ingin terbebani dengan mengucap kata putus terlebih dulu. Jadi, mereka membuat ulah dengan harapan pasanganlah yang akan memutuskan hubungan terlebih dulu.

Merasa Marah

Kemarahan terhadap pasangan juga bisa menjadi alasan perselingkuhan. Kekecewaan yang tidak dapat disampaikan biasanya berujung pada perselingkuhan.

Kebutuhan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Hal yang tidak berjalan sesuai rencana biasanya dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, apalagi bila penyebab ketidaksesuaian itu adalah pasangan sendiri. Untuk menebus rasa minder ini, seseorang yang mengalami penurunan rasa percaya diri akan mencari pendamping lain selain pasangannya untuk membuktikan bahwa ia cukup capable dalam menggaet orang lain.

Baca juga: Pasangan Selingkuh, Maafkan atau Tinggalkan?

Bosan

Yap, bosan adalah penyebab paling umum perselingkuhan. Karena merasa bosan dengan pasangan, orang akan mencari pasangan lain untuk mendapat tantangan baru.

Balas Dendam

Perselingkuhan juga bisa menjadi ajang balas dendam jika pasangan merasa disakiti oleh Anda. Dengan berselingkuh, ia berusaha membuat Anda merasakan sakit yang ia alami.

nuriamalia

passionate writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago