Kenali Kelainan Micropenis (Penis Kecil)

Micropenis adalah kondisi di mana penis tumbuh dengan ukuran lebih kecil dari ukuran rata-rata. Seorang pria dapat dikatakan memiliki kelainan micropenis apabila panjang penisnya kurang dari 2,5 standar deviasi rata-rata ukuran penis pria normal tergantung usianya.

penis kecil

UKURAN penis kecil dibanding ukuran penis normal ini bisa dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak. Bila Anda merasa bahwa anak Anda mengalami micropenis, segera konsultasikan kepada dokter anak, ahli urologi, ahli endokrin, atau ahli genetika. Anda memerlukan pendapat dari beberapa ahli medis dari bidang yang berbeda untuk memastikan bahwa anak Anda memiliki alat vital kecil dan pendek karena kondisi micropenis.

Apa penyebab micropenis?

Micropenis terjadi saat perkembangan janin karena kromosom dan hormon dalam tubuh si bayi berinteraksi. Micropenis seringkali disebabkan oleh testosteron yang tidak adekuat selama trimester kedua dan ketiga pertumbuhan janin. Akan tetapi, micropenis juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dan sejumlah sindrom terkait. Misalnya, kepekaan androgen, Klinefelter’s Syndrome, Turner’s Syndrome, atau Down’s Syndrome.

Tak hanya itu saja, obesitas juga diklaim dapat menjadi penyebab seorang pria mengalami kelainan penis kecil ini. Penumpukan lapisan kulit dan lemak yang berada di sekitar area genital dapat menyebabkan penis kecil.

Adakah pengobatan untuk micropenis?

Sejumlah perawatan bisa dilakukan untuk mengobati micropenis, seperti stimulasi testosteron, rekonstruksi bedah, dan terapi hormon. Selama pengobatan, dukungan psikologis bagi pasien juga sangat diperlukan.

Jika pasien yang menjalani pengobatan adalah anak-anak di bawah umur, maka orang tuanya harus memberi dukungan secara psikologis agar anak-anak tidak merasa down ketika menjalani pengobatan untuk kelainan penis kecil yang ia derita.

Bagi anak-anak, terapi hormon dengan proses pubertas ini dapat membantu mereka memiliki penis dengan ukuran normal. Sayangnya, jika dokter mengatakan bahwa terapi hormon tidak cukup membantu, maka akan disarankan untuk melakukan pembedahan dengan menggunakan implan silikon subkutan yang dapat membuat penis terlihat lebih panjang dan tebal.

Dampak negatif dari micropenis

Tak dapat dipungkiri bahwa alat vital kecil dan pendek bisa mempengaruhi kualitas hidup pria. Penis kecil memang berpengaruh pada kepuasan bercinta diri sendiri maupun pasangan. Oleh karena itu, apabila Anda atau anak Anda memiliki kelainan micropenis, maka lakukan pengobatan medis untuk memiliki penis dengan ukuran yang normal.

Penis bukan hanya sekedar menjadi penanda jenis kelamin saja, tetapi juga dapat mempengaruhi kehidupan seksual. Meskipun ukuran penis tidak menjadi faktor berkurangnya kesuburan pria, tetapi ukuran penis yang terlalu kecil dapat menyebabkan seorang pria mengalami kesulitan saat harus melakukan hubungan seksual layaknya pria yang memiliki penis berukuran normal.

Jadi, sangat penting bagi pria untuk memiliki ukuran penis yang normal. Bila Anda memiliki masalah micropenis, segera konsultasikan kepada dokter agar Anda memperoleh solusi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 3 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 3 months ago