Kehamilan Ektopik

Pengobatan Kehamilan Ektopik

Karena pembuahan sel telur tak dapat berkembang di luar uterus, jaringan ini mesti dihilangkan dari tuba falopi. Ada dua langkah pengobatan kehamilan ektopik yang dapat dilakukan, yakni melalui pemberian obat atau operasi.

Bila terdeteksi sejak dini, pengobatan kehamilan ektopik dapat dilakukan dengan memberi suntikan obat saja. Jika tuba falopi belum pecah dan kehamilan Anda belum berkembang terlalu jauh, dokter akan memberikan obat tertentu.

Obat tersebut mencegah sel telur terus berkembang hingga akhirnya dapat diserap oleh tubuh Anda dan hilang dengan sendirinya. Kebanyakan kehamilan ektopik dapat diobati dengan cara ini bila diketahui sejak awal masa kehamilan.

Cara kedua untuk menyembuhkan kehamilan ektopik adalah dengan operasi. Dokter akan melakukan sayatan kecil di bagian abdomen untuk memasukkan alat laparoskopi dan kemudian mengenyahkan kehamilan ektopik.

Bila dokter melihat tuba falopi Anda sudah membahayakan, organ ini mungkin juga akan diangkat sekaligus. Dan bila tuba falopi pecah, Anda mungkin akan melakukan operasi yang lebih besar.