Jadi Jomblo Bahagia? Why Not!

Bagi sebagian orang, single tapi bahagia terlihat bagai hal yang mustahil. Pasalnya, single seringnya dikaitkan dengan kesepian dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Padahal, status jomblo bahagia sangat mungkin diraih loh. Bagaimana caranya?

SELEPAS putus dari pasangan, rasanya sulit memulihkan perasaan. Sesal, kesal, sedih, dan putus asa bercampur jadi satu. Menikmati hidup pun sulit karena Anda terlalu fokus pada kesedihan. Perasaan terpuruk semacam inilah yang akhirnya membuat cita-cita menjadi jomblo bahagia sulit diraih. Alih-alih perasaan positif, rasa kesepianlah yang lebih sering mewarnai hari-hari.

Supaya akhirnya cita-cita menjadi jomblo bahagia dapat diraih, Anda mesti meninggalkan fase ini. Mulailah berpikir positif dan kembali menjalani hidup. Bila masih sulit, cobalah ikuti tips yang kami kutip dari bustle.com berikut ini demi menjadi jomblo bahagia. Single tapi bahagia? Mudah saja!

Tentukan Tujuan

Sebelum menentukan tujuan, kenalilah value dan keinginan Anda dalam hidup. Setelah tahu mimpi-mimpi yang ingin Anda raih, mulailah susun rencana untuk mencapainya.

Dengan memiliki tujuan hidup yang pasti, Anda akan lebih terarah dan tidak terlalu memikirkan approval dari orang lain. Efeknya, sendiri pun Anda sudah bisa bahagia.

Cari Pengalaman Baru

Kadang mencari kebahagiaan perlu dilakukan jauh dari tempat asal. Maka dari itu, jangan takut untuk mencoba pengalaman baru jauh dari kampung halaman. Ini bisa memberi Anda spirit baru.

Baca juga: Membuka Hati setelah Hubungan yang Menyakitkan, Begini Caranya

Ubah Penampilan

Single tapi bahagia juga bisa diraih dengan mengubah penampilan Anda seluruhnya. Percaya deh, aktivitas seperti ini akan membuat Anda lebih gembira.

Fokuslah untuk Mencapai Cita-Cita

Karena berada dalam hubungan, mungkin selama ini cita-cita Anda terabaikan. Setelah putus, inilah saatnya bagi Anda untuk mengejar cita-cita yang hampir terlupakan itu.

Cari Pengetahuan Baru

Kita tidak bisa melakukan terlalu banyak hal dalam satu waktu. Itulah mungkin yang menyebabkan kita sulit menambah pengetahuan baru kala terlibat dalam pengetahuan. Ketika sendiri, inilah saatnya bagi Anda untuk mengikuti berbagai macam workshop atau mungkin kuliah lagi.

Akui Kesendirian Anda

Saat akhirnya single, kita mungkin cenderung bergantung pada orang lain untuk menggantikan posisi si dia. Jika terus begini, Anda tak akan pernah benar-benar menghargai kesendirian Anda.

Maka dari itu, dari saat ini, mulailah akui dan syukuri kesendirian. Cobalah datang ke pesta atau hang out sendirian untuk menikmati me time.

Berolahragalah

Hormon endorphin dapat membuat Anda bahagia. Dan hormon ini akan meningkat jika Anda berolahraga. Karena itu, mulailah atur jadwal olahraga supaya tetap bisa merasa positif tentang diri sendiri. Di samping itu, olahraga juga akan membuat tubuh Anda senantiasa sehat.

Cintai Diri Sendiri

Merasa positif tentang diri sendiri adalah yang paling penting. Ketika cukup mencintai diri, Anda tak akan merasa tak berharga walau sedang berstatus single. Sebaliknya, Anda akan menikmati masa-masa ini.

Baca juga: Wanita Jomblo Lebih Bahagia Dibanding Pria, Ini Alasannya

Peliharalah Hewan

Mungkin ini saatnya berinvestasi pada jenis hubungan yang baru. Peliharalah hewan, baik itu anjing, kucing, bahkan ikan. Mereka dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Dengan keberadaan hewan peliharaan, Anda akan memiliki interaksi setiap harinya dan ini bagus untuk kesehatan mental. Berinteraksi dengan hewan bisa mengurangi rasa kesepian.

Jika Anda merasa tak punya banyak waktu dan tenaga untuk memelihara hewan, cobalah menyediakan tempat untuk mengasuh hewan sementara. Dengan melakukan hal ini, Anda telah menolong hewan-hewan telantar dari jalanan dan membantu mereka menemukan rumah baru. Selain merasa bahagia karena berinteraksi dengan hewan, Anda juga akan lebih merasa positif tentang diri sendiri karena telah melakukan hal baik.

nuriamalia

passionate writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 3 weeks ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 1 month ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 1 month ago