Hubungan Intim Terasa Sakit? Mungkin Vagina Kering Penyebabnya!

Sakit saat berhubungan intim dapat disebabkan oleh vagina kering. Kurangnya produksi pelumas pada vagina bisa menyebabkan hubungan intim sakit. Ketahui penyebabnya berikut ini.

sakit saat berhubungan intim

VAGINA kering dapat disebabkan oleh perubahan pada hormon, iritasi pada jaringan halus, gelisah, dan berbagai sebab lainnya. Berikut adalah cara menjaga pelumas pada vagina untuk menghindari sakit saat berhubungan intim.

Penyebab kekeringan pada vagina dapat berasal dari faktor fisiologis, seperti perubahan hormonal atau efek samping obat, hingga masalah emosional dan psikologis, seperti kecemasan.

Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut yang merupakan kabar baik bagi dua pertiga wanita berusia di atas 60 tahun yang menyatakan kekeringan vagina sebagai salah satu dari dua masalah kesehatan seksual mereka (menurut survei terhadap lebih dari 800 wanita tentang masalah kesehatan seksual).

Kekeringan vagina juga bisa menjadi perhatian wanita yang berusia kurang dari 60 tahun. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam Journal of Women’s Health edisi Agustus 2015.

Langkah pertama dalam merawat vagina kering adalah mencari tahu sumber ketidaknyamanannya, terutama jika vagina kering menyebabkan sakit saat berhubungan intim. Berikut adalah sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan kurangnya pelumasan vagina:

Perubahan hormon

Salah satu penyebab paling umum kekeringan pada vagina adalah penurunan kadar estrogen selama menopause atau perimenopause, setelah melahirkan, atau selama menyusui, seperti yang diungkapkan menurut Kongres Obstetri dan Ginekologi Amerika (ACOG). Pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi pada panggul juga dapat menjadi penyebab estrogen rendah dan penurunan pelumasan pada vagina.

“Vagina bergantung pada estrogen untuk kesehatannya,” kata Irwin Goldstein, MD, direktur Sexual Medicine di Alvarado Hospital and San Diego Sexual Medicine di California. Dalam hal ini, perubahan hormon adalah salah satu penyebab vagina kekurangan pelumas dan kering hingga menyebabkan hubungan intim sakit.

Baca juga:5 Masalah pada Vagina yang Mungkin Anda Alami

Pengobatan

Obat alergi dan pilek yang mengandung antihistamin serta obat asma dapat memiliki efek pengeringan di dalam tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan berkurangnya pelumasan vagina, menurut Dr. Goldstein.

Kurang Gairah

Dalam beberapa kasus, kekeringan pada vagina mungkin disebabkan oleh libido yang rendah atau masalah seksual yang terjadi dengan pasangan. Goldstein mengatakan, “Jika pasangan memiliki performa buruk dan ejakulasi dini, ini bisa menyebabkan kekeringan vagina”

Iritasi

Bahan kimia yang terdapat dalam sabun, produk kebersihan, pewarna, dan parfum dapat menyebabkan masalah bagi vagina Anda. “Banyak wanita memiliki alergi terhadap detergen dan sabun,” kata Goldstein. “Ada iritasi yang disebabkan oleh hal-hal seperti pakaian dalam atau handuk.” Penyebab alergi lain sebenarnya bisa mencakup pelumas tambahan dan benda yang mungkin diletakkan di vagina, tambahnya.

Gelisah

Faktor psikologis dan emosional seperti stres dan cemas juga bisa mengganggu hasrat seksual dan menyebabkan kekeringan pada vagina. “Ketika seorang wanita cemas, aliran darah tidak mencukupi,” kata Goldstein, “jadi vagina pun akan kering.”

Baca juga:Penyebab Wanita Merasa Sakit Saat Berhubungan Intim

Cara Mencegah dan Mengobati Vagina Kering

Pengobatan untuk vagina kering sangat tergantung pada penyebabnya. Wanita yang mengalami masalah dengan pelumasan vagina karena perubahan atas hormonal sering kali bisa mendapat manfaat dari pengobatan terapi estrogen, menurut ACOG.

Dalam beberapa kasus, dokter merekomendasikan perawatan lokal seperti sisipan estrogen vagina. Bagi wanita lain, terutama mereka yang memiliki gejala seperti hot flashes (tanda awal menopause), perlu obat oral atau skin patch yang melepaskan estrogen ke seluruh tubuh sebagai pilihan pengobatan, menurut ACOG.

Dalam beberapa kasus, kedua pendekatan tersebut dapat digunakan bersamaan untuk mengobati vagina kering secara efektif. “Pengobatan hormon estrogen lokal yang dimasukkan ke dalam vagina dalam bentuk cincin, pelet, atau krim dapat melengkapi obat sistemik yang meningkatkan kadar estrogen sistemik,” kata Goldstein.

Selain terapi berbasis estrogen, ada beberapa pendekatan lain yang mungkin dapat mengatasi vagina kering, terutama dari hubungan seks yang menyakitkan. Hal tersebut meliputi:

Pelumas

“Ada sejumlah besar pelumas yang bisa membuatvagina kering,” kata Goldstein. Yaitu termasuk pelumas yang berbasis silikon, berbasis minyak, dan produk pelumas berbasis air, menurut ACOG. Produk pelumas biasanya digunakan untuk mengatasi seks kurang nyaman daripada mengandalkan pelumasan vagina jangka panjang.

Pelembap

Pelembap vagina bisa menjadi cara yang efektif untuk meminimalkan kekeringan vagina selama beberapa hari dengan satu aplikasi. Goldstein menjelaskan bahwa “perantara dari pelembab dapat membantu mengenalkan air pada jaringan vagina.”

Kekeringan pada vagina adalah kondisi yang umum dan membuat frustrasi, namun ada beberapa cara untuk mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi.

Jika kurangnya pelumasan menyebabkan hubungan intim sakit, pastikan untuk konsultasi dengan dokter Anda tentang semua kemungkinan perawatan. Atasi vagina kering secara menyeluruh dengan pengawasan dari dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago