Gonore Bisa Sebabkan Keguguran, Benarkah?

Salah satu penyebab keguguran adalah infeksi penyakit menular seksual (PMS). Faktanya, setiap jenis PMS memiliki risiko berbeda-beda terhadap kehamilan. Nah kali ini kita akan membahas lebih detil mengenai apa bahaya gonore pada ibu hamil.

bahaya gonore pada ibu hamil

FAKTANYA, bahaya gonore pada ibu hamil terkait keguguran masih terus pro-kontra hingga saat ini. Banyak pihak mengklaim, gonore yang tidak diobatilah yang menyebabkan keguguran, dan beberapa studi menemukan kondisi semacam itu juga mampu meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Selain itu, bahaya gonore pada ibu hamil lainnya adalah dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa sang bayi.

Gonore yang dibiarkan sebelum  kehamlan juga dapat memicu radang panggul (PID). PID sendiri merupakan salah satu faktor risiko kehamilan ektopik. Dengan begitu kesimpulannya, gonore dan kehamilan bukanlah 2 kondisi yang dapat ‘berjalan beriringan’.

Mengingat gonore dapat diobati, maka segera temui dokter kandungan atau ahli penyakit dalam bila mengalami gejalanya, atau kalau Anda menganggap diri berisiko terkena itu.

Apa itu gonore?

Di seluruh dunia, diperkirakan ada 62 juta kasus gonore setiap tahunnya. Data menunjukkan penderitanya paling banyak berdomisili di kawasan Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Afrika.

Apa itu gonore? Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae. Tergantung dari tingkat keparahannya, infeksi gonokokal ini mampu merusak saluran kencing saja, namun bisa juga menimbulkan infeksi sistemik (menyebar ke seluruh tubuh). Infeksi sistemik inilah yang kemudian memicu endokarditis (penyakit jantung), arthritis (radang sendi), serta meningitis (radang selaput otak).

Baik pria maupun wanita bisa terserang gonore. Pada pria, gonore rata-rata menimbulkan gejala seperti uretritis (infeksi uretra) dan rasa sakit ketika buang air kecil. Lain halnya pada perempuan, gonore bisa jadi tidak menyebabkan gejala apapun. Kadangkala gejalanyapun baru dirasakan 10 hari kemudian.

Gejala gonore pada wanita

Berikut adalah beberapa gejala gonore pada wanita:

  • Kerusakan uretra
  • Disuria atau sulit buang air kecil
  • Servisitis (infeksi leher rahim)
  • Radang panggul
  • Faringitis atau radang tenggorokan

Diperkirakan antara 10-20% penderita servisitis sekunder dengan gonore juga mengalami infeksi tenggorokan akibat penyakit tersebut. Umumnya infeksi tenggorokan ini disebabkan karena aktivitas seks oral.

Walau kehamilan tidak menghentikan gonore untuk menyebabkan penyakit dan gejala, namun perempuan yang usia kehamilannya berada di trimester ke-2 dan 3 umumnya lebih jarang mengalami radang panggul.

Efek gonore terhadap bayi

Gonore dapat menyebabkan bayi baru lahir menderita infeksi mata, paru-paru, dan rektum. Selain itu, jika sampai ada anak-anak yang menderita PMS ini, maka besar kemungkinan hal itu dikarenakan mereka telah mengalami pelecehan seksual.

Cara mengobati gonore

Penderita gonore, khususnya ibu hamil, seringkali juga menderita klamidia.

Gonore umumnya diobati menggunakan antibiotik (minum) seperti Cipro (fluoroquinolone) atau ceftriaxone (cephalosporin). Di samping itu, salah satu penyebab keguguran ini juga bisa diatasi dengan injeksi antibiotik (Rocephin). Sementara untuk klamidia biasanya diobati dengan antibiotik seperti amoxicillin, azithromycin, dan erythromycin.

Karena dosis single antibiotik diduga mampu menyembuhkan 95% kasus gonore (yang tidak parah), maka sekali lagi, segera periksakan diri ke dokter bila mengalami gejalanya atau berisiko terinfeksi.

Waiting for the best is never useless.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago