Bisakah Hamil dari Cairan Pra-Ejakulasi?

Selama ini kita mengira bahwa cairan ejakulasi alias air mani adalah satu-satunya faktor penyebab kehamilan. Namun pada kenyataannya pria mengeluarkan cairan pra-ejakulasi sebelum penisnya mengeluarkan cairan ejakulasi. Apa sih perbedaan antara caira pra-ejakulasi dengan cairan ejakulasi? Mungkinkah wanita bisa hamil karena precum (cairan pra-ejakulasi)?

hamil karena precum

TAK banyak wanita yang mengetahui soal caira pra-ejakulasi. Setelah mengetahui tentang adanya cairan pra-ejakulasi yang dikeluarkan sebelum ejakulasi, sebagi dari Anda pasti bertanya-tanya tentang kemungkinan hamil karena precum. Yuk, cari tahu seputar precum di sini!

Apa Itu Cairan Pra-Ejakulasi?

Banyak pria yang tidak tahu bahwa sebelum ejakulasi, penis mereka mengeluarkan cairan pra-ejakulasi atau disebut dengan precum. Precum berbeda dengan air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi. Cairan pra-ejakulasi dikeluarkan dari kelenjar cowper, kelenjar yang letaknya di dasar penis. Fungsi dari precum adalah melumaskan uretra sehingga air mani dapat keluar dengan lancar.

Penyebab keluarnya cairan pra-ejakulasi adalah rangsangan seksual. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua laki-laki mengeluarkan cairan precum ini. Ada pria yang tidak mengeluarkan cairan precum sama sekali sepanjang melakukan hubungan intim dengan pasangannya.

Apakah Caira Pra-Ejakulasi Mengandung Sperma?

Bisakah cairan pra-ejakulasi bikin hamil? Pertanyaan seperti ini mungkin ada dalam benak Anda. Perlu Anda ketahui bahwa cairan pra-ejakulasi berasal dari kelenjar cowper, sedangkan air mani yang mengandung sperma diproduksi oleh testis. Dengan penjelasan ini, Anda pasti mengira bahwa cairan pra-ejakulasi tidak mengandung sperma, bukan?

Jangan keburu mengambil kesimpulan. Sebuah penelitian yang dikutip dari NCBI pernah melibatkan 27 orang pria untuk mencari tahu apakah di dalam caira pra-ejakulasi mengandung sperma atau tidak. Faktanya, 10 dari 27 pria tersebut memiliki sperma di dalam cairan precum-nya.

Volume cairan pra-ejakulasi yang dikeluarkan memang sangat kecil, yakni sekitar 4 ml saja. Jadi, sperma yang terkandung di dalam cairan pra-ejakulasi tentu sangat sedikit. Pria yang tidak memiliki sperma di dalam cairan precum-nya berlum tentu tidak subur. Kesuburan tidak dinilai dari kandungan sperma di dalam cairan precum, tapi dari kualitas sperma pada air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi.

Bisakah Cairan Pra-Ejakulasi Menyebabkan Kehamilan?

Pertanyaan mengenai cairan pra ejakulasi bikin hamil atau tidak akan berada di dalam benak Anda setelah mengetahui sejumlah fakta mengenai cairan ejakulasi. Meskipun tidak semua pria mengeluarkan cairan ejakulasi yang mengandung sperma, tapi kemungkinan hamil karena cairan pra-ejakulasi memang tak dapat dipungkiri.

Kehamilan terjadi ketika cairan pra-ejakulasi atau ejakulasi yang mengandung sperma berada di dalam atau sekitar lubang vagina. Baik Anda maupun kami tidak pernah tahu sperma manakah yang berhasil membuahi sel telur.

Kesimpulannya, cairan pra-ejakulasi sangat mungkin untuk bisa membuat wanita hamil. Jika Anda memang benar-benar ingin mencegah kehamilan, sangat disarankan untuk menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lainnya.

Baca juga: Mitos dan Fakta tentang Efektivitas Kontrasepsi

Jangan mengambil risiko dengan melakukan penetrasi tanpa kondom karena terkadang pria tidak selalu tahu kapan mereka mengalami ejakulasi. Setetes cairan pra-ejakulasi yang mengandung sperma sangat berisiko tinggi menyebabkan kehamilan. Jadi, jangan pernah mengambil risiko jika Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago