Berhubungan Intim saat Hamil? Ini Aturannya

Banyak wanita yang takut berhubungan intim saat hamil karena khawatir akan menyakiti bayi dalam kandungannya. Kecemasan ini sangat wajar lantaran sebagian wanita mungkin tidak mengetahui bahwa seks saat hamil masih diperbolehkan, asalkan menggunakan posisi seks saat hamil yang benar.

berhubungan intim saat hamil0

TAK hanya itu saja, berhubungan intim saat hamil juga memiliki aturan tersendiri. Hal ini disebabkan karena libido wanita hamil dapat menurun drastis pada saat trimester pertama. Lantas, bagaimana jika suami menginginkan untuk berhubungan intim, sementara Anda kehilangan mood untuk bercinta?

Perubahan hasrat seks pada wanita hamil memang sangat umum terjadi. Di trimester pertama, wanita hamil akan merasa cepat lelah, mudah mual, dan tidak memiliki hasrat seksual yang terlalu tinggi. Sedangkan memasuki trimester kedua, mood wanita hamil bisa menjadi sedikit lebih baik karena ia bahagia mengetahui janinnya telah bertumbuh. Memasuki trimester ketiga, wanita dapat menolak berhubungan intim saat hamil lantaran ia merasa berat dan kurang percaya diri.

Solusi agar suami tidak kecewa dan tetap dapat menyalurkan hasratnya, Anda bisa melakukan berbagai hal tanpa harus berhubungan intim. Misalnya, Anda dapat mandi bersama, makan malam romantis, lebih sering memeluk dia, atau memijat tubuhnya. Dengan begini, mungkin Anda akan turut terbawa suasana dan tidak menolak untuk melakukan hubungan yang lebih intim lagi dengan suami.

Selain itu, ada sejumlah posisi seks saat hamil yang dinilai aman. Beberapa posisi berikut ini diklaim tidak akan menyakiti bayi dalam kandungan. Adapun, posisi seks saat hamil yang dinilai paling tepat adalah woman on top (wanita di atas), spooning (pria di belakang wanita), hands and knees, dan missionary. Para pria juga harus melakukan hubungan intim secara lebih hati-hati agar tidak menyakiti bayi dalam kandungan istrinya.

Baca juga:9 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Intim

Dengan kata lain, seks saat hamil bisa menjadi sangat menyenangkan bila Anda dan pasangan pintar melakukan berbagai variasi. Tambah durasi foreplay agar Anda dan pasangan mendapatkan seks yang lebih berkualitas meskipun Anda sedang hamil. Mencoba berbagai kegiatan baru juga dapat membuat hubungan intim Anda jadi lebih hot, misalnya seperti mencoba sex toys atau menonton film dewasa bersama.

Meskipun ada aturan yang memperbolehkan berhubungan intim saat hamil, ada juga wanita hamil yang benar-benar tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas seksual, yakni dengan kondisi:

Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk mengetahui apakah Anda dapat berhubungan intim saat hamil atau tidak. Jadi, Anda pun jadi lebih tenang setelah mengetahui bahwa diri Anda memang sudah siap untuk bercinta meskipun sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 7 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 8 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 8 months ago