9 Masalah Relationship Ini Ternyata Dialami Semua Pasangan

Meski berantem dengan pacar atau suami bukanlah hal yang diinginkan seseorang, pertengkaran bukanlah hal yang dapat dihindari dalam sebuah hubungan. Tak peduli seberapa cinta Anda pada pasangan, masalah dalam relationship adalah hal lumrah. Jadi, jika Anda dan pasangan kerap bertengkar, jangan khawatir. Anda bukanlah satu-satunya pasangan yang bertengkar. Mau tahu hal umum apa yang sering dipertengkarkan sebuah pasangan? Ini dia.

masalah dalam relaionship

KEHIDUPAN berpasangan yang damai dan tenang tanpa pertengkaran adalah dambaan. Namun, kondisi seperti ini rasanya “too good to be true“. Tak peduli seberapa dalam Anda mengenal sifatnya atau seberapa lama Anda dan dia berhubungan, dua orang yang berinteraksi secara intens pasti akan menemui masalah dalam relationship.

Adu mulut atau pertengkaran yang kerap menandakan adanya konflik adalah hal wajar. Masalah dalam relationship tidak melulu menandakan hubungan Anda dan dia dalam bahaya. Sebaliknya, berantem dengan pacar atau suami justru menandakan bahwa kalian benar-benar berinteraksi.

Apalagi, di dunia ini bukan hanya Anda dan pasangan yang pernah mengalami masalah dalam relationship. Dilansir dari bustle.com, sejumlah topik ini adalah hal umum yang dipertengkarkan setiap pasangan. Selama masih pada batas wajar, hubungan Anda aman kok.

Jarang Berhubungan Seks

Ada masa di mana Anda dan pasangan enggan berhubungan seks. Penyebabnya bisa bermacam-macam, tak melulu soal hilangnya ketertarikan. Jarang berhubungan seks dan hilangnya minat bisa terjadi karena kondisi libido yang tidak match satu sama lain, gangguan kesehatan, atau mungkin karena sibuk di kantor. Yang jelas, jarang berhubungan seks dalam rentang waktu tertentu masih bisa dibilang wajar asal tak berlangsung terus-menerus.

Merasa Bosan

Bosan adalah hal yang normal, apalagi jika Anda dan pasangan telah bersama selama bertahun-tahun. Kunci agar berantem dengan pacar tak berlangsung terus-menerus akibat topik ini adalah kerja sama untuk menemukan hal-hal baru yang menyenangkan dalam hubungan kalian.

Baca juga: Hubungan dengan Si Dia Mulai Membosankan? Lakukan 5 Hal Ini

Kecemburuan

Namanya juga sayang, rasa cemburu pasti ada dong. Dan ini merupakan hal yang sama sekali normal. Namun, supaya rasa cemburu tak malah menghancurkan hubungan Anda, komunikasikanlah dengan pasangan hal-hal apa yang bisa membuat Anda cemburu.

Tidak Benar-Benar Mendengarkan Pasangan

Miskomunikasi sering terjadi dalam hubungan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya keinginan untuk benar-benar mendengarkan dan mencerna perkataan satu sama lain. Sebelum merespons perkataan pasangan, pastikan Anda benar-benar memahami maksudnya. Ini akan mengurangi risiko miskomunikasi.

Pekerjaan Rumah

Ya, bagi suami isteri, pembagian tugas di rumah bisa jadi pemicu hadirnya pertengkaran. Ini biasanya terjadi karena salah satu pihak merasa dirugikan dengan pembagian tugas yang tidak adil. Kurangnya apresiasi dan minimnya bantuan pun bisa jadi penyebab. Maka, jika kesulitan membantu si dia dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, pastikan Anda memberikan apresiasi yang cukup untuknya.

Merasa Ragu dengan Pasangan

Keraguan terhadap pasangan bisa saja muncul ketika Anda menemukan hal-hal yang tidak sesuai harapan. Pastikan Anda mengomunikasikan hal ini dengan pasangan supaya sama-sama bisa memperbaiki diri.

Terlalu Sibuk

Memang betul bahwa kehidupan bukan hanya soal pasangan. Namun, alangkah baiknya bila pasangan menjadi prioritas dalam hidup Anda. Kurangi kesibukan di luar dan jadikan si dia dan keluarga sebagai yang utama. Dengan begini, potensi konflik akan bisa dikurangi.

Baca juga: 6 Kesalahan Komunikasi yang Bisa Mengacaukan Ikatan Pernikahan

Persoalan Finansial

Yap, finansial adalah topik panas yang kerap memicu pertengkaran. Ketidakcocokan rencana finansial adalah salah satu penyebabnya. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, pastikan Anda dan pasangan memiliki rencana finansial yang selaras.

Pilih Keluarga yang Mana?

Walau Anda maupun pasangan telah akrab dengan keluarga satu sama lain, bukan berarti kalian dapat lepas dari drama keluarga besar. Pada hari-hari raya, drama semacam ini umumnya sering terjadi. Saat Natal, Idulfitri, atau bahkan tahun baru, keluarga mana yang terlebih dulu harus dikunjungi?

Tak peduli seberapa solid hubungan kalian, konflik pasti datang menerpa. Kunci supaya konflik tak mengikis keharmonisan hubungan kalian adalah komunikasi. Sampaikan keinginan dan argumen Anda dengan cara yang baik dan sabar. Kalau sudah begini, diskusi pun akan berjalan lebih lancar.

nuriamalia

passionate writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago