7 Tanda Sang Pacar Belum Siap Menikahi Anda

Membina hubungan pacaran serius menuju pernikahan memang membutuhkan waktu. Namun, bukan berarti Anda harus menunggu sampai bertahun-tahun hingga si dia melamar. Jika bertahun-tahun sudah berlalu dan dia belum menunjukkan tanda keseriusan, jangan-jangan memang si pacar belum siap menikah. Jangan terjebak dengan hubungan tanpa masa depan, kenali tanda-tanda ini.

pacar belum siap menikah

MENEBAK perasaan pasangan bukanlah hal yang menyenangkan, terutama jika menyangkut masa depan hubungan. Sebagai orang yang telah menginjak usia siap menikah dan telah membina hubungan bertahun-tahun, Anda memang sepatutnya khawatir jika si dia sama sekali tak menunjukkan tanda pacaran serius menuju pernikahan. Apalagi jika ia dan Anda memang sama sekali belum pernah menyinggung soal hal ini. Wah, ini merupakan tanda bahaya tentu.

Lazimnya, bila Anda dan pasangan memang berencana membina hubungan pacaran serius menuju pernikahan, rencana mewujudkan hubungan jangka panjang paling tidak sudah disinggung satu atau dua kali. Tidak harus langsung merencanakan tahun atau tanggal. Mengutarakan komitmen satu sama lain saja untuk sampai pada pernikahan sudah jadi pertanda yang bagus.

Nah, bagaimana jika pasangan belum pernah menyinggung rencana ini sama sekali? Apakah si pacar belum siap menikah? Daripada bertanya-tanya sendiri, tanyakan saja langsung padanya. Atau, bila Anda belum cukup memiliki keberanian untuk bertanya, kenali saja dulu 7 tanda pacar belum siap menikah yang dikutip dari bustle.com berikut ini.

Dia Mengenalkan Anda kepada Keluarganya Tanpa Embel-Embel “Pacar”

Saat bertemu dengan keluarga atau sahabatnya, perhatikan cara ia memperkenalkan Anda. Bila ia hanya menyebut nama tanpa menyebut status “pacar”, ini bisa jadi pertanda bahwa si dia belum siap membawa Anda masuk dalam inner circle-nya.

Anda Tidak Dilibatkan dalam Acara Keluarga

Memang, sih, tidak seluruh acara keluarga si dia wajib Anda ikuti. Namun, bukan berarti Anda tak berhak diundang sama sekali. Menjalin hubungan serius berarti siap memperkenalkan pacar kepada keluarga. Bila tahap ini saja belum terlewati, mungkin memang si pacar belum siap menikah.

Baca juga: 7 Tanda Anda Sudah Siap Ganti Status dari Pacaran ke Tunangan

Dia Melewatkan Tanggal-Tanggal Penting untuk Melamar

Ngaku, deh! Bila sudah berpacaran lama, Anda pasti deg-degan menghadapi tanggal-tanggal spesial seperti ulang tahun, anniversary, atau tahun baru.

Sebab, di tanggal-tanggal inilah seharusnya si dia melontarkan kalimat sakral itu. Namun, bila setiap tahunnya tanggal-tanggal ini berlalu begitu saja, mungkin ia memang sama sekali belum berencana untuk melamar Anda.

Terlalu Banyak Alasan

Katakanlah Anda sudah membicarakan rencana jangka panjang dengan si dia. Namun, setiap berbicara mengenai hal ini, ia seolah tak pernah kehabisan alasan untuk menunda pernikahan.

Karier, uang, keluarga, atau rencana bersekolah lagi kerap ia jadikan tameng. Jika Anda memang ingin menunggunya, silakan. Namun, ketahuilah, Anda tidak wajib melakukan itu.

Tidak Mau Merencanakan Liburan Bersama

Komitmen jangka panjang pasangan sebenarnya bisa dilihat dari hal yang remeh. Merencanakan liburan bersama misalnya. Cobalah atur waktu liburan bersama di 3 atau 6 bulan ke depan. Bila ia enggan, mungkin saja ia merasa hubungan kalian tak akan bertahan selama itu.

Dia Mengejek Pernikahan

Pernikahan jelas adalah pilihan. Siapapun berhak memilih untuk menikah ataupun tidak. Namun, perlu dipastikan bahwa Anda sedang menjalin hubungan dengan orang bervisi sama.

Bila Anda adalah married person, pastikan pasangan juga demikian. Jika ia kerapkali mengejek pernikahan dan Anda adalah orang yang setuju pada pernikahan, maka untuk apa lagi bertahan?

Baca juga: 5 Perbedaan Pria dan Wanita dalam Relationship

Dia Sudah Bilang Sejak Awal

Ada beberapa orang yang mengeluarkan disclaimer sejak awal bahwa ia tak berniat untuk menikah. Bila si dia adalah orang yang melakukan hal ini, percayailah ucapannya.

Mengubah pikiran orang tak semudah membalikkan telapak tangan. Percayalah bahwa ia akan berpegang pada ucapannya dan tak serta-merta berubah pikiran hanya karena kalian telah lama berpacaran. Jangan berharap terlalu banyak.

nuriamalia

passionate writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago