6 Penyebab Haid Sedikit atau Tidak Lancar

Adalah suatu hal yang wajar jika wanita mengalami menstruasi setiap bulannya. Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki menstruasi yang lancar. Beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang lebih pendek, volume darah haid yang lebih sedikit, atau justru tidak mendapat haid selama beberapa bulan. Lantas, apa sebenarnya penyebab haid tidak lancar? Apakah hal tersebut berbahaya?

penyebab darah haid sedikit

SEBAGIAN wanita mengalami masalah haid tidak lancar setiap bulannya. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab darah haid sedikit atau tidak lancar, seperti:

Kehamilan

Bagi wanita yang aktif secara seksual, haid yang tidak kunjung datang hingga berbulan-bulan bisa disebabkan karena kehamilan. Oleh karena itu, ketika Anda tidak memperoleh datang bulan hingga berminggu-minggu, tak ada salahnya untuk mengecek kehamilan dengan menggunakan test pack.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan alat uji kehamilan pada saat haid sudah 3 hari terlambat. Untuk mengetahui apakah hamil atau tidak, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan.

Berat Badan Naik atau Turun

Penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba, entah karena diet atau kondisi medis tertentu, dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Hal yang sama juga terjadi ketika seorang wanita berolahraga terlalu keras, maka ia dapat mengalami keterlambatan haid.

Kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi hormonal juga berpengaruh pada siklus menstruasi wanita. Misalnya, pil KB yang bisa jadi penyebab darah haid sedikit ataupun siklus menstruasi yang lebih pendek.

Baik pil KB hormonal atau IUD hormonal sama-sama berpotensi menyebabkan haid tidak lancar. Pada umumnya, siklus haid akan kembali normal jika Anda menghentikan penggunaan kontrasepsi hormonal.

Tekanan Psikis

Stres emosional adalah salah satu faktor yang menyebabkan haid jadi tidak lancar. Setiap orang tentu dapat mengalami stres, tetapi stres yang terlalu berat bisa mengacaukan siklus menstruasi wanita.

Usia

Semakin tua usia wanita, semakin pendek siklus menstruasi yang dialaminya. Umumnya, wanita mengalami masa pra-menopause pada usia 40 tahunan dan memasuki masa menopause ketika memasuki usia 50 tahun.

Jika darah haid yang keluar sedikit menjelang masa menopause, maka wanita tersebut sudah tidak subur lagi dan bisa mengalami kesulitan untuk hamil.

Kondisi Medis

Penyebab haid tidak lancar atau volume darah berkurang bisa disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi kesehatan seseorang. Wanita yang memiliki stenosis serviks atau sindrom Asherman umumnya memiliki volume darah yang lebih sedikit dibanding wanita normal. Jika sudah berurusan dengan medis, maka sebaiknya konsultasilah dengan dokter spesialis kandungan untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda.

Sejumlah penyebab haid tidak lancar atau volume darah menstruasi berkurang ini bisa menjadi informasi bagi Anda yang saat ini memiliki masalah serupa. Coba atasi dulu dengan menghindari sejumlah penyebab haid tidak lancar tersebut sebelum berkonsultasi ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 years ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 years ago