10 Hal Menakjubkan yang Terjadi pada Tubuh Anda saat Hamil

Sedang bersiap untuk menyambut kelahiran buah hati yang pertama? Tanpa Anda sadari, ada begitu banyak perubahan tubuh pada ibu hamil. Bukan hanya sekedar “ukuran”, tapi ada beberapa hal kecil yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya.

perubahan tubuh pada ibu hamil

NAH, bagi Anda yang sudah tidak sabar menanti kehadiran sang buah hati, coba perhatikan dulu 10 perubahan tubuh saat hamil ini. Transformasi ini sangat menakjubkan dan Anda patut berbangga bisa merasakan perubahan-perubahan ini.

Rahim Tumbuh 14 Kali Lebih Besar

Ketika mengandung, ukuran rahim Anda akan terus bertambah besar. Dari yang semula hanya sebesar buah pir, lama-lama dapat mencapai ukuran buah semangka. Ajaibnya lagi, di dalam rahim terdapat 1,8-2,7 kilogram cairan yang berupa lendir dan cairan ketuban untuk melindungi bayi dalam kandungan.

Jantung Memompa Darah 40-50% Lebih Banyak

Perubahan tubuh saat hamil juga dialami oleh organ tubuh Anda selain rahim, yakni jantung. Jantung akan memompa darah 40-50% lebih banyak dibanding sebelum hamil.

Kinerja jantung yang meningkat untuk memompa darah ke tali pusar dan plasenta bertujuan untuk mempersiapkan kelahiran bayi Anda. Nah, sekarang Anda tahu kan mengapa saat hamil, jadi lebih cepat lelah dibanding sebelum hamil.

Bayi Mendengar Anda

Sebuah perubahan tubuh pada ibu hamil tidak selamanya bisa dirasakan. Namun, Anda pasti akan sangat bersyukur telah diberi kesempatan untuk bisa mengandung.

Tanpa Anda sadari, ada sebuah perubahan yang begitu menakjubkan, yaitu bayi bisa mendengarkan suara Anda. Ketika usia kehamilan memasuki usia 18 minggu, bayi akan mendengar suara ibunya dan suara lain yang ada di sekitar ibunya.

Bayi Laki-laki Dapat Mengalami Ereksi

Jika jenis kelamin bayi di dalam kandungan Anda adalah laki-laki, maka si bayi sudah dapat mengalami ereksi (maaf, tapi itu benar). Sistem reproduksi bayi di dalam kandungan sudah disiapkan secara alami ketika memasuki kehamilan 20-23 minggu. Bayi laki-laki di dalam kandungan telah memiliki sperma, sedangkan bayi perempuan juga memiliki rahim dan sel telur.

Baca juga: 10 Mitos saat Hamil Ini Bikin Bumil Parno!

Plasenta Melakukan Pekerjaan 4 Organ Tubuh

Plasenta adalah sebuah bagian yang sangat menakjubkan dan dilengkapi dengan keahlian multitasking. Plasenta dapat melindungi bayi dari hal-hal yang tidak diinginkan, menyaring nutrisi dari makanan dan minuman yang akan disalurkan ke bayi, memasok darah, dan memberi makan pada bayi.

Bayi Mulai Mencicipi Makanannya

Perubahan tubuh pada ibu hamil yang dapat Anda sadari hanya sebatas yang bisa dilihat dan rasakan saja. Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa bayi sudah dapat mencicipi makanan yang Anda makan pada usia kehamilan 20 minggu.

Para ahli percaya pada usia kehamilan 20 minggu, bayi sudah mulai memilih makanannya dan mengembangkan selera makannya. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan sehat ketimbang junk food.

Payudara Adalah Produsen Susu

Yang satu ini adalah perubahan tubuh saat hamil yang pasti bisa Anda rasakan. Payudara dapat memproduksi susu atau yang lebih dikenal dengan ASI untuk menjadi makanan utama bayi yang baru lahir. Usut punya usut, ternyata payudara sudah dapat memproduksi susu ketika kehamilan Anda memasuki usia 20 minggu.

Bayi Mulai Memproduksi Kotoran

Di pertengahan usia kehamilan, bayi mulai memproduksi mekonium. Mekonium adalah zat hitam yang akan dikeluarkan setelah si bayi lahir.

Bayi Dapat Melihat Cahaya

Walaupun mata bayi yang baru dilahirkan biasanya tertutup, tapi ia sudah dapat melihat cahaya saat usia kehamilan Anda mencapai 30 minggu.

Di usia tersebut iris mulai terbentuk dan bayi pun bisa melihat serta bereaksi pada cahaya. Bahkan, ketika Anda berbaring di bawah sinar matahari, bayi yang ada di dalam kandungan akan bergerak dan mencoba melindungi matanya, lho.

Bayi Berlatih Menangis

Tangisan bayi yang baru lahir adalah suara terindah bagi seorang ibu yang telah mengandungnya selama berbulan-bulan. Percaya atau tidak, si bayi juga sudah “berlatih” menangis ketika masih berada di dalam kandungan.

Sejumlah foto USG menunjukkan bahwa ekspresi wajah bayi terlihat seperti sedang menangis. Nah, menangis merupakan keterampilan penting bagi bayi karena hal tersebut merupakan caranya berkomunikasi dengan Anda sebelum ia mulai belajar berbicara.

Baca juga: 3 Cara Menghitung Perkiraan Hari Kelahiran Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan
    • Malam dokter.. Saya perempuan 26 tahun.. Saya terakhir menstruasi pada tanggal 10 September.. Setelah itu mulai tanggal 14 September sudah mulai berhubungan denga pasangan.. Yang ingjn saya tanyakan, apakah bisa kemungkinan hamil? Yang kedua, pada saat selesai berhubungan muncul bercak darah. Apakah itu berbahaya atau tidak? Terimakasih

    • 1 Balasan 2 months ago

    • Assalamualaikum dok saya mau menanyakan kan saya awal menstruasi tanggal 8 agustus lalu kalau lewat dari tanggal 8 september akan terjadi sesuatu atau saya hamil ya dok, dan 2 hari ini saya mengalami flek coklat sebelum tanggal menstruasi saya gitu dok ? Semoga di jawab ya dok

    • 1 Balasan 2 months ago

    • Selamat sore dok Mau tanya, sy baru menikah tgl 18 bulan 8 kemarin. Awal menstruasi tanggal 9. Sampai sekarang saya belum ada tanda-tanda hamil. Padahal haid sy teratur tiap bulanny, tapi haid saya setiap hari pertama selalu sangat sakit. Dan setiap sy dan suami brhubungan, keluar cairan kental(lendir) bening berwarna orange kemerahan seperti darah. apakah  … Read more

    • 1 Balasan 2 months ago