Yuk, Move On dari Bayang-bayang Sang Mantan!

Kandasnya hubungan asmara terkadang dapat membuat Anda susah untuk mencari penggantinya. Namun, sepenting itu kah mantan dalam hidup Anda? Saatnya lepaskan bayang sang mantan dengan mengikuti cara move on ini!

cara move on

MENJALIN kasih dengan seseorang yang kita cintai merupakan dambaan setiap orang. Namun, harapan untuk hidup bersama seketika buyar saat kata ‘putus’ keluar. Di satu sisi, masih ada rasa sayang dan cinta sehingga membuat Anda susah untuk berpindah ke lain hati.

Masih menyimpan foto mantan, selalu bercerita tentang mantan ke teman-teman Anda, diam-diam Anda masih kepo akun sosial medianya, atau jika nama mantan disebut, reaksi Anda berlebihan menanggapinya, bisa jadi tanda-tanda Anda masih belum bisa move on dari sang mantan.

Bayang-bayang mantan memang sukar dilupakan. Namun, berdiam diri dan terus mengingat si mantan dapat membuat kehidupan Anda tidak jelas tujuannya. Mantan sudah menjadi masa lalu, saatnya Anda pun menapaki hidup yang baru. Well, berikut 5 cara melupakan mantan yang dapat Anda ikuti.

Jauhkan diri dari semua benda atau tempat yang berhubungan dengan mantan

Tidak mudah menghapus masa lalu yang kelabu dari pikiran Anda. Namun, Anda dapat melupakan bayang-bayang mantan secara perlahan dengan menjauhkan diri dari segala benda atau tempat yang berhubungan dengan mantan.

Jika Si Mantan pernah memberikan boneka, kartu ucapan, baju atau benda lainnya, segera singkirkan agar bayang-bayang mantan dapat segera dilupakan. Jika Anda sering berpergian bersama mantan ke suatu tempat atau Anda mempunyai tempat favorit, hindari mendatangi tempat tersebut untuk sementara waktu sampai Anda benar-benar siap.

Ingatkan diri bahwa mantan hanyalah masa lalu

Menurut Dr. Terri Orbuch, terapis dan dosen psikologi di salah satu universitas di Amerika Serikat, mengenakan karet gelang di pergelangan tangan dapat membantu Anda untuk mengingatkan diri bahwa mantan hanyalah masa lalu yang membuat Anda sakit hati.

Setiap kali Anda memikirkan mantan, tarik karet gelang di tangan dan rasakan emosi yang ada. Cara move on ini membantu Anda untuk menghapus bayangan mantan dan juga menjadi pengingat sederhana bahwa Anda lah yang memegang kendali diri sendiri, bukanlah pikiran tentang mantan.

Baca juga: Berapa Lama Waktu untuk Move On Setelah Putus?

Temukan cara positif mengeluarkan emosi dan pikiran negatif tentang mantan

Bayang-bayang mantan yang masih menghantui Anda dapat menjadi penghambat saat  ingin mencari pasangan baru. Sibukkan diri dengan berolahraga yang teratur, atur waktu untuk bertemu keluarga atau sahabat Anda, ikuti kegiatan bakti sosial atau menjadi relawan. Jika gemar menulis, maka Anda dapat menumpahkan curahan hati melalui tulisan. Ekspresikan diri melalui kegiatan yang Anda gemari.

Cara melupakan mantan lainnya dengan berteriak. Saat Anda merasa sangat marah dengan mantan, keluarkan rasa amarah itu dengan berteriak di tempat yang nyaman bagi Anda mengeluarkan semua emosi kekesalan.

Dengan berteriak, maka dapat membantu menyegarkan kembali jiwa yang tadinya penuh rasa amarah. Cara lain, bisa juga dengan memukul bantal, atau Anda dapat menuliskan rasa kesal di kertas yang “ditujukan” kepada mantan Anda, lalu setelah puas menulis, buang tulisan Anda.

Baca juga: Terlihat Lebih ‘Glowing’ Pasca Putus? Ternyata Ini Alasannya!

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi

Jika suatu hubungan tidak berjalan seperti yang dibayangkan, jangan pernah menyalahkan diri Anda sendiri ataupun Si Mantan atas apa yang terjadi. Saat Anda menyalahkan diri sendiri, maka rasa bersalah itu akan terus ada pada diri Anda dan dapat membuat Anda down sehingga sulit untuk melupakan mantan. Jika menyalahkan mantan, maka Anda akan terus dibayangi dengan rasa marah dan kesal.

Cara move on  melupakan si mantan dapat Anda coba dengan mengubah perspektif negatif tentang kandasnya hubungan Anda dengan pasangan ke perspektif yang lebih positif. Dengan mengubah sudut pandang ke arah lebih positif, maka Anda dapat mengatur emosi ke arah yang lebih baik.

Ceritakan perasaan yang ada ke sahabat terdekat yang terpercaya

Setiap orang membutuhkan teman untuk becerita. Temui sahabat Anda, ceritakan situasi yang ada, sahabat Anda pun pasti akan mendengarkan dan dapat memberikan perspektif tentang hubungan Anda.

Dengan cara move  on ini, Anda akan lebih mudah untuk melihat hubungan Anda dari sisi yang berbeda dan membantu menyegarkan emosi Anda kembali. Biasanya, setelah bercerita, perasaan akan menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

 

Bayang-bayang mantan bukanlah hal yang penting dalam hidup Anda. Saatnya untuk menata kehidupan dan melepaskan bayang-bayangnya. Hidup tanpa bayang-bayang mantan akan menjadikan hari-hari Anda lebih bahagia.

An owl who likes coffee, movies and humanity.