Yuk, Deteksi Kesehatan Pria dari Ciri Air Maninya

Sebenarnya, bagaimana sih tampilan dari sperma yang sehat itu? Dan benarkah kalau ciri sperma encer bisa membantu kelancaran proses pembuahan? Yuk kita simak bersama penjelasannya melalui artikel di bawah ini.

sperma yang sehat

AIR mani merupakan cairan putih keruh yang dikeluarkan saluran kencing melalui penis saat seorang pria berejakulasi. Sekitar 65% air mani biasanya diproduksi oleh kantung semen/ mani, sementara 30-35% datang dari prostat, dan 5% sisanya dari testikel serta epididimis. Air mani sendiri mengandung asam sitrat, asam amino, fruktosa, berbagai enzim, fosforilkolina, prostaglandin, potasium, dan zinc.

Jumlah air mani yang diproduksi tubuh untuk sekali ejakulasi cukup beragam, mulai dari 2-5 ml. Menariknya, sejumlah kecil takaran air mani tersebut bisa mengandung sperma sebanyak 40-600 juta, tergantung dari volume dan jeda waktu sejak ejakulasi terakhir dilakukan.

Lantas bagaimana sebenarnya tampilan dari air mani normal dan yang kurang sehat itu? Berikut ciri-cirinya:

Air mani normal

Sperma yang sehat biasanya memiliki tampilan putih atau abu-abu keruh. Teksturnya bisa kental seperti jelly. Namun 30 menit kemudian, tekstur ini akan berubah menjadi bening dan encer. Ciri sperma encer inilah yang sangat penting untuk melancarkan proses pembuahan.

Untuk aromanya sendiri, air mani normal memiliki bau mirip klorin. Dan bila dicicip, maka rasanya akan sedikit manis karena kandungan fruktosanya. Namun cita rasa sperma yang sehat ini bisa berbeda antara pria satu dengan lainnya, tergantung dari pola makannya.

Baca juga: Fakta Tentang Ejakulasi Pria yang Perlu Anda Tahu

Air mani kemerahan atau kecoklatan

Kalau warna air mani berubah menjadi merah atau coklat, maka ini bisa saja karena ada pembuluh darah di prostat yang pecah. Anda tak perlu khawatir karena kondisi ini bisa terjadi saat ejakulasi normal. Biasanya dalam kurun waktu 2-3 hari, warna air mani akan kembali normal.

Akan tetapi, kalau warnanya ternyata tetap merah atau coklat hingga beberapa hari kemudian, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Darah dalam air mani bisa jadi muncul sebagai pertanda adanya infeksi, trauma, atau bahkan kanker (meski jarang).

Air mani kuning atau hijau

Meski air mani normal bisa saja berwarna agak kekuningan, namun warna kuning atau hijau dapat juga mengindikasikan adanya infeksi yang kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit menular seksual gonore.

Oleh sebab itu, kalau hal ini sampai terjadi, maka segera periksakan ke dokter. Sebab kalau memang gonore adalah penyebabnya, maka dokter mungkin akan memberikan Anda antibiotik untuk mengobatinya.

Baca juga: Mengapa Anda Perlu Melakukan Tes Penyakit Seksual?

Air mani berbau tak sedap

Bau tak sedap pada air mani selalu identik dengan infeksi. Jadi, jangan berlambat-lambat periksa ke dokter kalau ini sampai terjadi agar infeksi yang timbul dapat segera diobati.

 

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.