Yang Harus Dilakukan Jika Hubungan Anda Tidak Direstui Orang Tua

Tips Cinta

Hubungan dengan pasangan tidak direstui orang tua adalah salah satu masalah hubungan yang sangat serius. Anda dengan pasangan tidak mungkin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa restu orang tua. Lantas, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Memihak pasangan atau memihak orang tua?

SULIT rasanya ketika pasangan atau kekasih Anda tidak cukup dekat dengan teman atau sahabat Anda. Akan sangat sulit bagi Anda untuk berposisi netral dan tidak memihak siapapun. Konsekuensinya, Anda akan kesulitan membagi waktu antara teman dan pasangan. Nah, bila ketidakcocokan pasangan Anda dan teman saja sudah cukup membuat sulit, apalagi jika kasusnya terjadi pada orang tua Anda.

Hubungan dengan pasangan tidak direstui oleh orang tua adalah skenario terburuk pada sebuah hubungan. Anda dan pasangan akan sulit berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi karena ada jurang di antara pasangan dan orang tua yang harus Anda jembatani.

Jika pasangan Anda tidak disukai orang tua Anda, pasti ada sesuatu yang salah. Entah karena keluarga Anda kerap memiliki pandangan negatif terhadap orang lain atau memang pasangan Anda adalah sumber masalahnya. Bila pernikahan adalah tujuan Anda, masalah hubungan ini harus segera diatasi.

Dengarkan Orang Tua Anda

Untuk mengatasi masalah hubungan ini, pertama-tama bicaralah pada orang tua Anda. Tanyakan dan bicarakan baik-baik pada mereka soal hal spesifik apa dari pasangan Anda yang cukup mengganggu mereka. Tanyakan apa perilakunya yang tak sesuai dengan nilai-nilai dalam keluarga dan apakah itu bisa diperbaiki. Pahami betul akar masalahnya untuk kemudian dicari solusinya bersama. Bila pasangan Anda bereaksi tidak baik dan agresif terhadap isu ini, Anda perlu waspada karena bisa jadi keadaan akan bertambah panas.

Pikirkan Dinamika Hubungan Anda dengan Orang-Orang Terdekat

Hubungan dengan pasangan tidak direstui bisa saja terjadi karena pasangan Anda yang terlalu mengekang. Perhatikan baik-baik perilakunya selama ini. Apakah ia berusaha mencegahmu bertemu dengan orang-orang terdekatmu, termasuk keluarga? Bila ya, berarti masalah ada pada pasangan Anda. Kemungkinan yang lain ialah orangtuamu yang memang overprotektif dan pemilih. Bila ini yang terjadi, Anda mesti menjelaskan pada orangtua Anda bahwa hidup yang akan Anda jalani nanti adalah pilihan dan tanggung jawab Anda. Jadi, sudah sepantasnya ada batasan yang jelas untuk orang tua Anda turut ikut campur.

Family Comes First

Tips cinta terakhir yang dapat kami berikan bila hubungan dengan pasangan tidak direstui ialah pikirkan hubungan jangka panjangmu dengan keluarga besar. Bagaimanapun, orangtua dan keluarga jelas lebih dulu ada dalam hidup Anda ketimbang pasangan Anda. Siapapun yang salah, orang tua atau pasangan Anda, Anda wajib memikirkan hubungan Anda ke depannya dengan orang tua dan keluarga besar Anda. Bila Anda memutuskan memihak pasangan Anda, pikirkan apakah tindakan ini sepadan dengan mengorbankan perasaan keluarga Anda?

Pada akhirnya, keputusan yang tepat bergantung pada kondisi personal masing-masing. Bila selama ini Anda tak dekat dengan orang tua dan keluarga Anda dan Anda merasa pasangan Anda adalah orang yang tepat bagi Anda dan dapat membuat Anda jadi lebih baik, mungkin Anda tak terlalu bermasalah jika berjarak dengan keluarga. Namun sebaliknya, bila selama ini hubungan Anda dengan keluarga sangatlah dekat dan pasangan Anda berpotensi merusak semua hubungan baik itu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan lagi hubungan Anda bersama pasangan.

Masalah keluarga dan masalah percintaan adalah hal yang sama-sama berat karena menyangkut orang terdekat. Tidak dapat dibayangkan betapa beratnya jika kedua masalah itu saling berkaitan. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengambil keputusan tegas dan tepat untuk diri Anda.