Waspadai Hal Ini Jika Kebobolan Saat Pakai IUD

Rasanya begitu tidak nyaman, saat hamil dengan IUD masih terpasang. Meskipun langka, hal tersebut dapat terjadi. Jika Anda “kebobolan” KB IUD, berikut ini langkah-langkah menangani risiko kehamilan dan komplikasi saat hamil dengan IUD di rahim.

Waspadai Hal Ini Jika Kebobolan Saat Pakai IUD

Apa itu IUD dan Bagaimana Anda Dapat Hamil dengan IUD?

KB IUD (intrauterine device) merupakan alat pengendali kehamilan yang fleksibel, berukuran kecil, berbentuk T dan dimasukkan ke dalam uterus Anda.

Alat KB yang satu ini digunakan dalam jangka panjang, aman dan begitu efektif. Ada 4 jenis KB IUD yang bisa digunakan:

  • IUD Mirena, dibuat dari plastik yang lembut dan fleksibel, Mirena melepaskan sejumlah levonorgestrel profestin tingkat rendah, secara terus menerus selama 5 tahun periode, untuk mencegah kehamilan.
  • IUD Skyla, merupakan “little sister’ dari Mirena. Skyla mengeluarkan lebih banyak levonorgestrel profestin selama 3 tahun periode, untuk mencegah kehamilan.
  • IUD Kyleena, cara kerjanya sama dengan Mirena dan Skyla, digunakan selama 5 tahun, ukurannya sama dengan Skyla, mengandung progestin lebih dari Skyla namun kurang dari Mirena.
  • IUD ParaGard, biasa disebut Copper T 380A, terbuat dari plastik fleksibel dan dibungkus tembaga. Copper bebas dari hormon. IUD yang satu ini melepaskan sejumlah kecil tembaga selama 10 tahun periode sebagai salah satu cara untuk mencegah kehamilan.

IUD merupakan alat yang paling efektif yang digunakan sebagai metode pengendali kehamilan.

Secara hormonal, IUD bekerja efektif 99,1-99,9 persen, sementara ParaGard bekerja efektif 99,2-99,4 persen. Ini berarti, bahwa setiap 100 wanita yang menggunakan IUD dalam satu tahun, kurang dari satu mengalami kehamilan dengan penggunaan biasa dan juga penggunaan sempurna. Meskipun begitu, penggunaan IUD tidak mudah.

Kesimpulannya sejauh ini adalah, kurang dari 1 persen setiap waktu, ada seorang wanita yang hamil dengan IUD masih terpasang. Jadi, ya! kebobolan KB IUD itu mungkin.

Saya Pikir Saya Hamil saat IUD masih Terpasang

Jika Anda yakin bahwa Anda hamil dengan IUD masih terpasang,

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.