Vagina Bau? Mungkin Ini Penyebabnya

Masalah vagina yang paling sering membuat sebagian besar wanita cemas dan minder adalah bau tak sedap. Lantas apa sih penyebab vagina bau? Simak jawabannya dalam tips kesehatan seksual berikut ini!

PADA dasarnya, vagina memang selalu mengeluarkan suatu aroma khas. Aroma ini umumnya semakin kuat ketika wanita sedang terangsang. Tapi aroma yang dimaksud ini tidaklah mengganggu indera penciuman sama sekali. Kalau ternyata baunya sama sekali tak sedap, maka bisa jadi itu merupakan tanda adanya infeksi.

Oleh sebab itu, begitu timbul masalah vagina seperti bau tak sedap tadi, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab vagina bau. Sebab bisa jadi salah satu dari infeksi berikut adalah tersangkanya:

BV (Bacterial Vaginosis)

BV bukanlah penyakit menular seksual, meski penularannya dapat melalui hubungan intim. Salah satu gejala BV yang paling mudah ditandai adalah timbulnya aroma amis yang menusuk, yang biasanya semakin tajam usai berhubungan intim.

Meningkatnya ketajaman aroma ini terjadi karena air mani membuat tingkat keasaman (pH) dalam vagina meningkat. Begitu seorang wanita mengidap BV, ada baiknya ia segera mengobatinya karena bila tidak, maka gangguan ini bisa memicu komplikasi lebih lanjut yang berujung pada infertilitas.

Baca juga: 3 Penyebab Keputihan yang Paling Umum

Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh penyakit menular seksual. Jika pada pria, PMS jenis ini jarang menimbulkan gejala, namun tidak pada wanita.

Infeksi yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis tersebut, justru menimbulkan bau tak sedap disertai sensasi gatal dan tidak nyaman pada wanita.

Wanita umumnya merasakan gejalanya saat berhubungan intim ataupun sewaktu buang air kecil. Selain itu, cairan vagina biasanya juga akan mengalami perubahan tekstur, entah menjadi berbusa atau berubah warna.

Infeksi ragi

Infeksi ragi bukanlah penyakit menular seksual. Wanita yang mengidap diabetes biasanya berisiko mengalami infeksi ragi karena kelebihan gula yang dibuang melalui air seni berpotensi menjadi makanan yang enak bagi jamur.

Seringkali ketika muncul bau tak sedap pada vagina, beberapa perempuan kemudian berusaha mengatasinya dengan memakai sabun atau deodoran yang dibuat khusus untuk organ keintiman. Sayangnya walau berlabel aman untuk vagina, namun produk-produk ini bukanlah solusi terbaik.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Keputihan (Infeksi Ragi)

Adanya bau tak sedap pada vagina merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan organ intim sehingga Anda seharusnya mengobatinya dengan bantuan ahli. Sekedar menyamarkan atau menutupi aroma tak sedap yang muncul bukanlah solusi permanen, dan beberapa produk terbukti malah membuat infeksi kian parah.

Di samping dapat menimbulkan komplikasi atau infeksi lanjutan, tambahan parfum pada produk tersebut juga dapat merusak keseimbangan pH organ intim. Oleh sebab itu kalau vagina bau, ada baiknya Anda segera periksa ke dokter.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.

%d bloggers like this: