Turunkan Risiko Kanker Prostat dengan 3 Cara Ini

Tips Sehat

Kanker prostat adalah pertumbuhan sel abnormal yang terjadi di dalam kelenjar prostat, yakni kelenjar kecil yang terletak pada panggul pria dan merupakan bagian dari sistem reproduksi. Letak prostat tepatnya berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Fungsi prostat adalah untuk memproduksi cairan yang menyuburkan sekaligus melindungi sperma. Tidak ada strategi untuk mencegah kanker prostat, tetapi Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi risiko penyakit ini.

penyebab kanker prostat

PENYEBAB kanker prostat ada bermacam-macam. Faktor penyebab kanker prostat antara lain genetika, makanan, obesitas, ras, perubahan gen, penyakit menular seksual, vasektomi, dan masih banyak lagi. Ada kanker prostat yang metastasisnya tergolong cepat, sehingga dalam waktu singkat pasien dapat mencapai kanker prostat stadium 4, yang artinya sel kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening, paru-paru, sampai dengan tulang.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada cara untuk menurunkan risiko penyakit tertentu. Selain menjauhi segala faktor penyebab kanker prostat, Anda juga bisa melakukan ketiga cara ini untuk mengurangi risiko penyakit tersebut.

Pilih makanan yang sehat

Faktanya, mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak serta sarat buah dan sayur terbukti dapat menurunkan risiko kanker prostat. Pertimbangkan untuk mencoba pola makan seperti ini:

  • Pilih diet rendah lemak
    Cobalah untuk mengurangi konsumsi daging, minyak, dan produk susu seperti keju atau susu. Dalam beberapa penelitian, pria yang lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak memiliki risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Untuk mengurangi makanan berlemak, batasi konsumsi daging setiap hari dan ganti produk susu Anda dengan yang rendah lemak.
  • Dapatkan asupan lemak dari makanan nabati dibanding hewani
    Biar bagaimanapun, tubuh tetap membutuhkan asupan lemak. Oleh karena itu, dapatkan asupan lemak dari makanan nabati, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Misalnya, ganti mentega Anda dengan minyak zaitun saat memasak. Anda pun bisa mengganti keju yang biasa Anda taburkan di atas salad dengan kacang-kacangan maupun biji-bijian.
  • Tingkatkan konsumsi buah dan sayur
    Buah dan sayuran sangat kaya akan vitamin dan nutrisi yang dianggap dapat mengurangi risiko kanker prostat. Buah dan sayur juga dapat membantu Anda untuk diet menurunkan berat badan, sehingga Anda tidak perlu mengalami obesitas yang dapat membuat risiko kanker prostat semakin tinggi.

Miliki berat badan yang normal

Tak dapat dipungkiri bahwa obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab kanker prostat. Bila saat ini Anda memiliki berat badan di atas normal, usahakan untuk segera menurunkan berat badan hingga mencapai angka yang ideal.

Baca juga: Sakit Saat Buang Air Kecil Bisa Jadi Gejala Prostatitis

Diet untuk menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan mengurangi asupan kalori setiap hari dan mengimbanginya dengan olahraga. Jika saat ini Anda sudah memiliki berat badan yang normal, usahakan untuk mempertahankan berat badan Anda. Untuk mempertahankan berat badan, Anda harus menjaga pola makan dan rajin berolahraga.

Sediakan waktu untuk berolahraga setiap hari

Anda mungkin adalah seseorang yang memiliki waktu luang terbatas setiap harinya. Namun, di sela-sela kesibukan Anda, usahakan untuk meluangkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

Olahraga memiliki begitu banyak manfaat, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker prostat. Jika tidak sempat pergi ke pusat kebugaran, lakukan olahraga melalui hal-hal kecil, seperti memarkir mobil Anda lebih jauh dari pintu masuk dan lebih memilih naik tangga dibandingkan lift.

Baca juga: Latihan Olahraga 10 Menit Agar Si Sibuk Tetap Bugar

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: