Tubuh Lemas Karena Diet? Ini Solusinya

Tips Sehat

Pernahkah Anda merasa lemas karena diet? Alhasil, Anda merasa tidak bersemangat dalam beraktivitas. Tubuh merasa lemah saat diet dan Anda pun jadi bertanya-tanya, apakah ada yang salah dalam proses dietnya?

lemas karena diet

PROGRAM diet yang baik seharusnya dapat membantu Anda lebih sehat dan bersemangat. Jika saat menjalani proses diet, badan Anda terasa lemas, lemah, dan tidak bersemangat seperti biasanya, maka Anda patut mengoreksi program diet Anda. Bisa saja ada kesalahan saat mengonsumsi makanan atau ada faktor lain yang dapat membuat tubuh lemah saat diet.

Salah satu faktor penyebab jika Anda merasa lemah saat diet adalah dari asupan nutrisi dan energi makanan yang Anda konsumsi saat diet. Lalu, penyebabnya juga dapat dilihat dari faktor waktu dan pola makan saat diet. Pola makan yang kurang tepat dan waktu yang tidak tepat dapat membuat tubuh lemas. Berikut solusi untuk Anda yang merasa lemas karena diet.

Jangan takut untuk ngemil saat lapar

Diet adalah waktunya Anda mengontrol nafsu makan Anda. Mengontrol nafsu makan bukan berarti menahan rasa lapar. Jika Anda menahan rasa lapar lebih dari 2 jam, maka kadar gula darah akan turun dan mengakibatkan tubuh lemas dan tidak berenergi.

Glukosa dalam sel tubuh membantu menghasilkan adenosine triphosphate (ATP) yang dibutuhkan otak dan otot tubuh manusia. Jika gula darah menurun, maka otak dan otot ikut menjadi lemas. Anda akan merasa tidak bersemangat, tidak fokus, dan merasa lapar.

Solusinya adalah, jika Anda merasa lapar, segera makan. Dalam program diet yang baik, buah dapat dijadikan cemilan saat lapar. Anda tidak perlu takut diet Anda rusak karena terlalu banyak makan buah.

Buah menjadi pilihan yang sehat saat diet karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya membantu menjaga kadar gula darah Anda. Perlu diingat, jangan tahan rasa lapar Anda. Snack early, snack often. 

Baca juga7 Trik untuk Mengontrol Nafsu Makan Berlebih

Menu sarapan yang seimbang

Menurut ahli gizi David Katz, MD, yang juga pendiri Yale Prevention Research Center, saat diet perlu adanya konsumsi gula dan serat yang seimbang di pagi hari.

Banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi makanan bergula seperti pancake atau roti di pagi hari dapat meningkatkan lemak tubuh atau terlalu banyak mengonsumsi sereal berserat juga dapat membuat tubuh lemas. Solusinya, konsumsi makanan berserat dan bergula secara seimbang di pagi hari.

Konsumsi sayur yang tepat

Dalam program diet, pilihan sayur menjadi salah satu kunci supaya Anda tidak merasa lemas. Sayur yang dianjurkan saat diet adalah brokoli, kubis, atau kol. Sayur-sayuran ini mengandung isothiocyanates yang membantu produksi protein Nrf2 yang dapat membentuk mitokondria yang mengubah gula menjadi ATP.

“Semakin banyak mitokondria yang diproduksi dalam tubuh, otot dan otak akan bekerja semakin baik dan tidak akan cepat lemas dan lelah.” ungkap Mladen Golubic, MD,  ahli medis dari Cleveland Clinic’s Wellness Institute.

Jangan takut mengonsumsi daging

Banyak yang salah kaprah bahwa diet berarti perbanyak konsumsi sayuran dan jauhi makan daging. Faktanya, tubuh memerlukan daging merah untuk asupan zat besi dalam tubuh.

Akan sia-sia jika Anda banyak mengonsumsi sayuran, tapi asupan zat besi tidak ada. Alhasil, tubuh akan lemas dan tidak bersemangat.

Anda tidak perlu takut untuk makan daging saat sedang menjalani program penurunan berat badan. Menurut penelitian, daging sapi menjadi asupan zat besi yang baik untuk tubuh. Anda dapat mengonsumsi daging dengan porsi yang seimbang.

Jangan lupakan asupan karbohidrat

Asupan karbohidrat yang sedikit dalam tubuh dapat menjadi faktor mengapa tubuh Anda merasa lemas saat diet. Banyak yang berpikir bahwa dengan memangkas asupan karbohidrat, maka berat badan juga akan berkurang.

Faktanya, jika tubuh kekurangan karbohidrat, tubuh pasti akan lemas dan tidak bersemangat. Solusinya, Anda harus mengonsumi karbohidrat yang sesuai dengan tubuh.

Jika Anda tidak suka nasi, kentang dapat menjadi pilihan yang baik untuk menambah asupan karbohidrat. Yang harus diperhatikan adalah porsi karbohidrat yang seimbang dapat mencegah tubuh merasa lemas.

Baca juga: Kuasai 3 Hal Ini Sebelum Memulai Program Diet Karbohidrat

 

Sekarang Anda sudah tahu mengapa tubuh bisa lemah saat diet. Dengen mengonsumsi makanan yang tepat dan porsi yang seimbang, tubuh lemas karena diet dapat dihindari. Jangan lupa untuk berolahraga supaya kondisi tubuh tetap fit dan segar.

An owl who likes coffee, movies and humanity.

%d bloggers like this: