Trimester III

Gejala Kehamilan Trimester III

Seperti halnya trimester sebelumnya, banyak gejala kehamilan yang masih akan Anda rasakan di trimester ketiga ini. Banyak wanita mengakui trimester terakhir kehamilan ini lebih menantang dibanding dua trimester sebelumnya. Beberapa gejala kehamilan baru yang mungkin muncul menjelang lahirnya si buah hati yang dinanti-nanti, antara lain sebagai berikut:

Braxton Hicks / Kontraksi Palsu

Kontraksi ringan seperti ini wajar dirasakan sebagai bentuk persiapan rahim Anda menjelang waktu melahirkan yang sesungguhnya. Intensitas kontraksi palsu ini tidak seperti kontraksi menjelang waktu melahirkan, namun jika rasanya semakin lama semakin intens sehingga membuat wajah Anda memerah, sulit bernapas atau frekuensi datangnya kontraksi semakin teratur, Anda bisa menghubungi dokter atau bidan Anda.

Napas pendek

Seiring dengan berkembangnya ukuran rahim Anda, yang hanya berjarak beberapa senti di bawah rusuk, membuat sedikit ruang bagi paru-paru Anda untuk mengembang sempurna sehingga membuat Anda sedikit sulit bernapas. Sedikit latihan fisik ringan dan latihan napas dapat membantu Anda bernapas lega, atau Anda bisa menopang kepala dan bahu dengan bantal yang lebih tinggi saat tidur.

Varises

Sirkulasi tubuh Anda meningkat dan mengirimkan sejumlah darah untuk janin Anda yang sedang berkembang, dan kelebihan arus darah tersebut menyebabkan urat merah menonjol di kulit Anda yang biasa disebut spider veins. Tekanan pada kaki akibat beban di perut Anda juga dapat menimbulkan urat-urat menonjol berwarna biru atau ungu, yang juga bisa menyebabkan kebengkakan. Meski tak ada cara untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya bertambah parah, antara lain dengan memperbanyak gerak dan menopang kaki bila Anda akan duduk dalam waktu lama.

Pembengkakan

Anda mungkin merasa cincin Anda semakin sempit, atau merasa pergelangan kaki, serta wajah terlihat sembap. Pembengkakan ringan seperti itu merupakan akibat dari edema, atau kelebihan retensi cairan. Untuk mengatasi pembengkakan tersebut, Anda bisa mengganjal kaki dengan kursi pendek atau sejenisnya ketika duduk dalam waktu lama, atau mengangkat kaki beberapa menit dalam posisi telentang. Jika Anda mengalami pembengkakan yang tiba-tiba, Anda bisa menghubungi dokter/bidan karena bisa jadi itu gejala preeklamsia.

Tanda bahaya

Beberapa gejala bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah pada kehamilan Anda. Jangan ragu menghubungi dan bertanya pada dokter/bidan Anda jika Anda mengalami beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Sakit atau kram perut parah
  • Mual dan muntah yang berlebihan
  • Perdarahan
  • Pusing yang berkepanjangan
  • Nyeri seperti terbakar saat buang air kecil
  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu cepat atau ekstrim
  • Demam
  • Keputihan yang banyak, gatal, atau berbau
  • Keluar/rembesnya air ketuban
  • Berkurang atau hilangnya gerakan janin