Trimester II

Hal yang Harus Dilakukan Trimester II

Hal yang penting untuk diingat selama trimester kedua adalah memperhatikan asupan makanan, rutin berolahraga, dan cukup beristirahat. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan di trimester kedua kehamilan.

Check-up rutin

Setiap kali Anda datang untuk kontrol kehamilan, dokter/bidan/praktisi kesehatan akan mengecek berat badan, ukuran janin, tinggi fundus (tinggi perut saat berbaring), serta detak jantung bayi Anda untuk memastikan perkembangannya.

USG 3D atau 4D

Biasanya di minggu ke 18-22 kehamilan, dokter Anda akan memeriksa kondisi bayi seperti perkembangan organ-organ, jumlah air ketuban, dan jenis kelamin bayi, jika Anda menginginkannya. Anda juga dapat mempertimbangkan USG 3 Dimensi atau 4 Dimensi oleh dokter untuk memantau kondisi bayi Anda dengan lebih jelas.

Cek gula darah

Sekitar 1 dari 10 wanita didiagnosa menderita diabetes gestational selama kehamilan. Oleh sebab itu, direkomendasikan bagi Anda untuk mengecek gula darah pada sekitar minggu ke 24-28 kehamilan. Namun, naiknya gula darah bukan berarti Anda memiliki diabetes.

Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda mengenai hal ini. Tetapi jika Anda positif terdiagnosa diabetes gestational, maka Anda perlu mengatur ulang pola makan dan rencana diet Anda, serta mengecek gula darah secara teratur.

Senam kegel

Pastikan dasar panggul Anda tetap kuat untuk persiapan melahirkan dengan melakukan kebiasaan senam kegel secara teratur – 20 kali 3 set setiap hari.

Prioritaskan olahraga

Anda bisa memilih olahraga yang aman dengan mempertimbangkan kondisi perut yang semakin membesar. Yoga dan pilates adalah beberapa pilihan olahraga aman yang bisa Anda lakukan setiap hari.

Tambah asupan kalori

Jika berat badan Anda normal pada saat sebelum hamil, Anda hanya butuh tambahan ekstra kalori 300-350 selama trimester kedua, yang setara dengan dua gelas susu skim dan semangkuk oatmeal.