Trimester II

Gejala Kehamilan Trimester II

Meskipun kondisi Anda sudah lebih prima dibanding trimester pertama, namun ada beberapa perubahan signifikan yang akan memengaruhi kondisi fisik Anda secara keseluruhan. Adapun beberapa gejala kehamilan yang dirasakan selama trimester kedua, antara lain:

Sakit punggung

Seiring berat badan yang terus bertambah, maka secara otomatis akan menambah tekanan pada punggung yang menyebabkan rasa nyeri. Untuk mengurangi nyeri tersebut, biasakanlah diri Anda untuk duduk dengan posisi tegak dan memastikan kursi dapat menyokong punggung dengan baik.

Hindari mengangkat beban berat dan usahakan untuk selalu memakai sepatu bertumit rendah. Jika sakit punggung berlanjut, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan pijatan ringan.

Gusi berdarah

Sebagian ibu hamil mengalami pembengkakan dan pendarahan gusi. Saat hamil, hormon menyuplai lebih banyak darah ke gusi sehingga membuatnya lebih sensitif dan mudah berdarah.

Gejala kehamilan ini akan mereda setelah melahirkan. Namun, jangan pernah mengabaikan kebersihan gigi dan gusi Anda, terutama pada trimester kedua ini.

Payudara membesar

Sensitivitas payudara seperti pada trimester pertama memang sudah lewat, namun payudara masih akan terus membesar untuk persiapan produksi ASI. Sesuaikan bra dengan ukuran payudara Anda yang baru demi kenyamanan Anda.

Mimisan

Perubahan hormon di trimester kedua menyebabkan selaput lendir yang melapisi hidung membengkak, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dan membuat Anda mendengkur saat tidur. Perubahan ini juga dapat membuat hidung lebih rentan berdarah

Keputihan

Leukorrhea atau keputihan di awal kehamilan adalah wajar, namun jika keputihan Anda berbau, berwarna kuning atau hijau, dan berjumlah banyak serta terasa gatal, sebaiknya Anda langsung menghubungi dokter.

Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu keluhan yang paling sering muncul. Cobalah untuk cukup beristirahat dan melakukan teknik-teknik relaksasi seperti melatih pernapasan, mengambil napas yang dalam lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut.

Hindari mengonsumsi sembarang obat terutama yang mengandung ibuprofen dan aspirin. Selalu konsultasikan pada dokter Anda sebelum mengonsumsi obat.

Wasir

Wasir atau hemorrhoid pada dasarnya adalah pembuluh darah yang membesar selama masa kehamilan karena meningkatnya tekanan darah yang mengalir akibat pertumbuhan ukuran rahim. Kondisi ini sudah pasti membuat Anda tidak nyaman. Maka Anda dapat mencoba untuk duduk pada bantal yang empuk dan hangat atau mempertimbangkan penggunaan salep wasir dengan resep dokter.

Perubahan kulit

Biasanya, ibu hamil akan terlihat lebih ‘bersinar’ karena perubahan hormon yang membuat kulit wajah menjadi lebih merona. Namun di samping itu, meningkatnya produksi hormon melanin juga dapat menimbulkan garis coklat pada wajah dan perut bagian bawah. Anda juga akan mendapati stretch marks pada bagian perut, payudara, dan paha seiring dengan meregangnya kulit karena semakin membesarnya bagian-bagian tersebut.