Trimester I

Hal yang Harus Dilakukan Trimester I

Setelah mengetahui tanda-tanda kehamilan pada trimester pertama, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Konsumsi vitamin untuk kehamilan

Ada baiknya untuk segera mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil pada trimester pertama untuk membantu perkembangan janin dan mencegah adanya risiko cacat pada bayi.

Pilih praktisi kesehatan. Penting untuk memilih dokter spesialis kandungan ataupun bidan yang terpercaya dan membuat Anda merasa nyaman. Cobalah berkonsultasi dengan beberapa dokter atau bidan sebelum memutuskan mana yang paling cocok bagi Anda.

Buat janji temu dengan dokter spesialis kandungan

Di sesi kontrol ini, dokter mungkin akan melakukan serangkaian tes terhadap Anda, termasuk tes darah (untuk menentukan rhesus darah dan level hCG serta kemungkinan adanya infeksi), ultrasonografi (USG) untuk mendeteksi detak jantung bayi, usia kehamilan dan perkembangan janin.

Anda juga akan melewati pemeriksaan kesehatan secara umum, seperti tekanan darah dan juga kadar gula darah, tergantung dari riwayat kesehatan keluarga. Siapkan semua pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda, dan jangan ragu untuk bertanya tentang resep yang diberikan.

Tes genetik

Anda dapat mempertimbangkan untuk menjalani tes ini di sekitar minggu ke-11 dan minggu ke-14 kehamilan untuk melihat adanya kemungkinan down syndrome dan cacat jantung bawaan pada bayi.

Makan sehat dan teratur

Inilah saatnya untuk mengurangi konsumsi kafein dan mulai memilih makanan-makanan terbaik selama trimester pertama kehamilan Anda. Perlu diperhatikan untuk memperbanyak konsumsi air putih dan makanan kaya serat agar terhindar dari dehidrasi dan konstipasi.

Olahraga teratur

Meskipun pada kehamilan trimester I ada imbauan untuk mengurangi aktivitas fisik, tetapi bukan berarti ibu hamil tidak diperbolehkan untuk berolahraga. Olahraga seperti jalan santai tetap perlu dilakukan agar peredaran darah tetap lancar.