Trikomoniasis

Penyebab Trikomoniasis

Penyebab trikomoniasis adalah protozoa bersel satu yang biasa dikenal dengan nama Trichomonas vaginalis. Parasit kecil ini bergerak ketika dua orang melakukan hubungan seksual. Masa inkubasi bakteri ini adalah 28 hari sejak bakteri tersebut menginfeksi seseorang.

Pada wanita, organisme ini menyebabkan infeksi pada vagina, uretra, atau keduanya, sedangkan pada pria, infeksi hanya terjadi pada uretra saja. Setelah seseorang terinfeksi, maka bakteri ini akan mudah menyebar melalui hubungan seks yang tidak terlindungi oleh kondom.

Perlu Anda ketahui bahwa trikomoniasis tidak menular melalui pelukan, ciuman, berbagi piring, seks oral, seks anal, atau duduk di toilet yang sama dengan penderita trikomoniasis. Hanya kontak seksual dengan alat kelamin saja yang merupakan sarana penularan bakteri penyebab trikomoniasis ini.

Menurut American Sexual Health Association dan CDC, setiap tahun ada satu juta kasus trikomoniasis baru di seluruh dunia. Faktanya, penyakit menular seksual ini lebih sering menginfeksi wanita dibanding pria. 2,3 juta wanita yang terinfeksi trikomoniasis berusia antara 14-49 tahun.

Secara spesifik, penyakit ini lebih sering dialami wanita dengan usia 30 tahun ke atas. Bahkan, wanita berusia 40 tahun ke atas berisiko 2x lebih besar terinfeksi trikomoniasis. Beberapa orang memanglebih berisiko terinfeksi penyakit seksual ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko penyebab trikomoniasis, antara lain adalah:

  • Sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Memiliki riwayat penyakit menular seksual lainnya
  • Pernah terinfeksi trikomoniasis sebelumnya
  • Berhubungan seks tanpa menggunakan kondom