Trikomoniasis

Pencegahan Trikomoniasis

Seperti pencegahan terhadap berbagai penyakit menular seksual pada umumnya, langkah pencegahan trikomoniasis bisa dilakukan dengan tidak melakukan hubungan seksual, terutama yang berisiko tinggi dan tanpa menggunakan pengaman.

Berikut ini adalah beberapa cara pencegahan trikomoniasis dan penyakit menular seksual lainnya yang bisa dilakukan oleh seseorang yang belum atau sudah pernah terinfeksi trikomoniasis.

Gunakan kondom sebelum terjadi kontak seksual

Kondom terbukti efektif untuk mengurangi risiko penularan trikomoniasis. Kondom pria atau wanita sebaiknya dipakai salah satu saja karena jika kedua jenis kondom ini dipakai bersamaan, maka bisa menyebabkan gesekan yang membuat kondom tersebut sobek. Terutama apabila anda dalam pengobatan trikomoniasis, pastikan Anda dan pasangan selalu menggunakan kondom saat berhubungan intim sampai Anda dan pasangan benar-benar terbebas dari infeksi trikomoniasis.

Gunakan kondom saat seks oral

Meskipun trikomoniasis tidak menular melalui seks oral, tetapi tak ada salahnya menutup penis atau vagina dengan kondom sebelum melakukan seks oral.

Hindari sex toy yang tidak steril

Penularan trikomoniasis memang melalui penetrasi seksual. Namun jika Anda menggunakan sex toy atau alat bantu seks yang pernah dipakai penderita trikomoniasis, maka Anda juga berisiko tinggi terinfeksi trikomoniasis. Sebaiknya, selalu gunakan sex toy yang sudah steril, dicuci dengan sabun, dan bukan bekas pakai orang lain.

Tidak berganti-ganti pasangan

Trikomoniasis bisa menular dari kebiasaan berganti-ganti pasangan saat melakukan hubungan intim. Dengan setia terhadap satu pasangan saja, maka risiko terinfeksi trikomoniasis pun jadi jauh lebih rendah.

Hindari hubungan seksual

Hal ini berlakukan bagi pasien trikomoniasis yang sedang menjalani pengobatan atau seseorang yang belum terinfeksi penyakit ini. Guna mencegah penularan penyakit seksual ini, Anda bisa menghindari hubungan seksual untuk sementara waktu. Bila perlu, minta pasangan untuk turut memeriksakan diri untuk menjamin bahwa Anda dan dia sudah benar-benar bebas dari infeksi trikomoniasis.

Tes trikomoniasis secara rutin

Bagi seseorang yang aktif berhubungan seksual, tak ada salahnya untuk melakukan tes trikomoniasis dan sejumlah penyakit menular seksual lainnya secara rutin. Cara ini merupakan bentuk pencegahan terhadap trikomoniasis atau penyakit seksual lainnya.