Tips Mengonsumsi Pil KB Kombinasi

Tips Sehat

Pil KB kombinasi merupakan kontrasepsi oral yang menggabungkan estrogen dan progestin, yang merupakan hormon seks alami yang diproduksi oleh tubuh wanita. Sayangnya, ada banyak wanita yang aktif melakukan hubungan intim dengan pasangannya lupa untuk mengonsumsi pil KB tersebut. Padahal, ketika mereka memilih jenis kotrasepsi oral ini, maka mereka harus berkonsekuensi untuk meminumnya secara teratur guna menunda kehamilan.

pil kb kombinasi

JIKA Anda adalah salah satu pengguna pil KB kombinasi, berikut ini ada beberapa tips pil KB yang harus Anda cermati agar tidak lupa atau salah dalam menggunakan kontrasepsi hormonal tersebut:

1. Pilih waktu yang mudah diingat

Tentukan sendiri waktu yang tepat untuk mengonsumsi pil KB setiap hari. Misalnya, Anda akan meminum pil KB setiap hari setelah sarapan atau sebelum tidur. Pastikan Anda minum pil KB pada waktu yang sama setiap hari agar lebih mudah diingat.

2. Minum pil aktif pertama selama 5 hari dimulai dari periode menstruasi

Jika Anda memulai minum pil KB pada hari Minggu pertama setelah menstruasi dimulai, maka kondisi ini akan mengakibatkan menstruasi hampir selalu dimulai pada hari Selasa atau Rabu setiap 4 minggu.

Apabila Anda mulai mengonsumsi pil KB selama menstruasi Anda, maka Anda akan segera terlindungi dari kehamilan dan tidak perlu menggunakan metode kontrasepsi cadangan.

3. Tidak masalah jika mengonsumsi pil aktif pertama selama menstruasi

Anda dapat memutuskan untuk mengambil pil aktif pertama selama siklus menstruasi sedang berjalan. Namun, jika konsumsi pil KB kombinasi dimulai selama siklus menstruasi, maka proteksi kontrasepsi oral ini akan dimulai setelah tujuh hari. Anda harus menggunakan metode kontrasepsi tambahan jika melakukan hubungan intim selama minggu pertama penggunaan pil kombinasi.

Baca juga: Pil KB Bisa Atasi Haid Tidak Teratur

4. Minum “pil pengingat” agar tidak lupa

Dalam satu kemasan pil KB kombinasi biasanya terdapat pil aktif harian yang harus diminum selama 3 minggu dan 7 buah pil salut gula yang tidak mengandung hormon dan harus diminum pada minggu keempat. Pil salut gula ini biasa dikatakan sebagai “pil pengingat” agar Anda tidak lupa untuk terus minum pil KB setiap hari.

Baca juga: Lupa Minum Pil KB? Lakukan Langkah Ini

5. Lanjutkan minum pil KB setelah habis

Ada 2 jenis pil KB yang dijual di pasaran, yakni pil KB isi 28 tablet dan isi 21 tablet. Pil yang berisi 28 tablet tersebut biasanya sudah termasuk dengan 7 pil salut gula.

Ketika pil KB tersebut habis Anda harus segera mengonsumsi pil KB yang baru pada hari ke-29. Namun, jika Anda mengonsumsi pil KB isi 21 tablet, maka beri jeda selama 7 hari sebelum Anda mulai mengonsumsi pil KB baru.

6. Selalu ikuti petunjuk penggunaan pil KB

Pastikan Anda selalu mengikuti petunjuk penggunaan pil KB yang tertera di setiap kemasannya. Pada umumnya, tidak ada pantangan khusus ketika seorang wanita mengonsumsi kontrasepsi oral. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti petunjuk penggunaan di kemasan pil KB yang Anda pilih.

7. Hentikan konsumsi pil KB jika ingin hamil

Ketika Anda dan pasangan ingin memiliki momongan, Anda hanya perlu berhenti mengonsumsi pil KB dan lakukan hubungan intim seperti biasanya. Namun begitu, kemungkinan hamil juga tergantung dengan kesuburan Anda dan pasangan.

 

Tips pil KB di atas bisa membantu Anda untuk mengonsumsi pil KB dengan aman dan meminimalisir risiko kehamilan. Namun, bila Anda menginginkan proteksi lebih, Anda juga dapat mengombinasikan pil KB ini dengan alat kontrasepsi cadangan lainnya.

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: