Tips Menggunakan Test Pack Untuk Hasil Akurat

Tips Sehat

Test pack adalah alat tes kehamilan sederhana yang bisa diperoleh dengan mudah. Dengan test pack, Anda bisa mengetahui kehamilan sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain.

cara pakai test pack

SEBELUMNYA, Anda bisa membeli tes kehamilan atau test pack di apotek atau minimarket terdekat. Akan tetapi, banyak wanita yang mengeluh setelah mendapatkan hasil test pack sama, meskipun mereka sudah merasakan gejala kehamilan. Lantas, bagaimana cara menggunakan test pack untuk memperoleh hasil yang akurat?

Gunakan urin pertama setelah bangun tidur

Pernahkah Anda memeriksa kehamilan Anda dengan test pack, dan berharap hasil test pack positif, namun yang muncul adalah negatif. Lalu, ketika Anda memeriksakan diri ke dokter, ternyata Anda memang sedang hamil. Kesalahan hasil test pack ini bisa disebabkan karena penggunaan urin yang salah.

Untuk memperoleh hasil yang akurat, sangat dianjurkan untuk menggunakan urin pertama di pagi hari setelah bangun tidur. Pasalnya, pada pagi hari urin mengandung lebih banyak hormon (hCG). Hal tersebut tentu akan membuat test pack menunjukkan hasil yang lebih akurat.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Pakai Test Pack?

Selalu baca petunjuk pemakaian

Sebagian orang malas membaca petunjuk cara menggunakan test pack dan memilih-milih cara penggunaannya sendiri. Padahal, jika Anda hendak menggunakan test pack, alangkah baiknya jika lebih cermat dalam membaca instruksi yang tertera pada kemasan test pack.

Instruksi itu tentu menjelaskan cara penggunaan test pack yang benar agar hasil yang dibaca selalu akurat. Di samping itu, bagian petunjuk pemakaian ini juga berisi panduan mengenai waktu yang dibutuhkan untuk test pack memunculkan hasil.

Bawa jam selalu di dekat Anda

Jam bermanfaat untuk memantau ketepatan waktu saat melakukan tes kehamilan dengan test pack. Misalnya, test pack yang Anda gunakan memiliki instruksi untuk merendam ujung test pack ke dalam urin selama 30 detik.

Akan tetapi, pada detik ke-15 Anda sudah mengangkat test pack itu. Hasilnya tentu saja akan berbeda. Oleh karena itu, kami sangat merekomendasikan Anda untuk membawa jam saat sedang melakukan tes kehamilan dengan test pack.

Gunakan cangkir bila diperlukan

Beberapa jenis test pack mengharuskan Anda untuk merendam sebagian alat tersebut ke dalam urin. Nah, untuk mengetahui hasil test pack positif atau negatif, jangan ragu untuk menggunakan cangkir atau wadah guna menampung urin Anda.

Kemudian, rendam salah satu ujung test pack ke dalam urin selama waktu yang sudah dianjurkan pada petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan test pack.

Jangan ragu menghubungi layanan konsumen

Masih bingung dengan cara menggunakan test pack? Anda tak perlu ragu untuk menghubungi nomor telepon layanan konsumen yang tertera pada kemasan. Customer care di bagian layanan pelanggan tersebut disediakan untuk menjawab seluruh pertanyaan Anda.

Apabila Anda sudah menggunakan test pack dengan benar, maka Anda tidak perlu ragi khawatir mendapatkan hasil test pack samar. Bila perlu gunakan dua merk test pack yang berbeda untuk mengetes kehamilan Anda.

A day dreamer and a night thinker.