Tingkatkan Kinerja Jantung dengan 5 Sumber Makanan Lemak Sehat Ini

Tips Sehat

Menguatkan jantung secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan penguat jantung yang mengandung lemak sehat. Ya, lemak sehat dapat membantu proses kinerja jantung dan baik untuk jantung. Apa saja makanan yang mengandung lemak sehat?

menguatkan jantung secara alami

LEMAK terbagi menjadi dua jenis, yaitu ada jenis yang tidak sehat dan dapat mengancam kesehatan tubuh, ada pula lemak sehat yang dibutuhkan untuk membantu kinerja jantung.

Lemak sehat disebut juga lemak tak jenuh, mempunyai dua sifat, yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated). Lemak tak jenuh membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Demi membantu kinerja jantung, Anda patut mengetahui bahan alami yang mengandung lemak sehat dan berguna untuk tubuh Anda. Berikut 5 makanan dan buah-buahan penguat jantung yang dapat menguatkan jantung secara alami.

Alpukat

Buah-buahan penguat jantung salah satunya adalah buah alpukat. Alpukat memiliki persentase lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi dan juga kaya akan serat dan kalium. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah alpukat sangat dianjurkan dalam menu makanan sehat Anda karena baik untuk kesehatan jantung Anda dan membantu meringankan gejala osteoarthritis.

Sebuah studi baru-baru ini melakukan penelitian terhadap 45 partisipan yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi satu alpukat per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Mereka yang mengonsumsi satu alpukat per hari juga memiliki kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang lebih rendah.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah contoh dari jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin K, dan antioksidan. Minyak zaitun dapat menjadi cara menguatkan jantung secara alami dengan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat mengurangi risiko penyakit stroke.

Dalam sebuah penelitian yang dikenal dengan studi PREDIMED, asupan minyak zaitun sebagai pelengkap diet dapat mencegah penyakit kardiovaskular. dan kandungan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun dapat menekan inflamasi dalam tubuh.

Bagian sebagian masyarakat, harga minyak zaitun di pasaran memang tergolong tidak murah. Namun, jika demi kesehatan dan umur panjang, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi minyak zaitun demi masa depan yang sehat.

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Diet Mediterania

Minyak kanola

Seperti minyak zaitun, minyak kanola berada di urutan teratas daftar minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Minyak kanola adalah minyak dari biji bunga kanola yang mengandung kandungan omega-3 yang dapat melindungi jantung dari lemak jahat dan kolesterol.

Minyak kanola juga lebih mudah digunakan untuk memasak daripada minyak zaitun. Jadi jika Anda mencari minyak goreng yang sehat, inilah yang cocok untuk Anda.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang telah ditemukan memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk jantung. Contohnya kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang tanah, dan pistachio dapat membantu kinerja jantung. Kacang-kacangan ini mengandung serat, protein nabati dan vitamin E, yang juga penting untuk diet Anda.

Perlu diingat untuk mengonsumsi kacang sewajarnya saja dan tidak berlebihan. Misalnya, porsi kacang yang dianjurkan adalah sekitar 30 gram. Jika Anda tidak suka mengunyah kacang, maka pilihan selai kacang dapat menjadi cara lain untuk menikmati manfaat kacang demi kesehatan jantung Anda.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah

Ikan salmon, makarel dan ikan herring

Salmon dan ikan berlemak lainnya, seperti ikan trout, makarel, dan ikan herring adalah sumber lemak tak jenuh ganda yang sangat kaya protein. Ikan-ikan tersebut terkenal kaya akan asam lemak omega-3 dan rendah lemak jenuh, tidak seperti bentuk protein hewan lainnya (seperti daging merah, yang cenderung memiliki kandungan lemak jenuh tinggi). Menurut American Heart Association, mengonsumsi ikan salmon sebaiknya dua kali seminggu untuk membantu kinerja jantung.

Tugas jantung tidaklah sederhana. Proses memompa dan memasok darah ke seluruh tubuh membutuhkan jantung yang sehat. Untuk itu, demi kinerja jantung yang normal dan kesehatan tubuh Anda, mulailah menguatkan jantung secara alami dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

An owl who likes coffee, movies and humanity.