Test Pack Negatif? Mungkin Ini Alasannya

Tips Sehat

Ketika sedang menunggu kehadiran sang bayi kecil, mungkin Anda akan menjadi sangat emosional. Anda ingin segera mengetahui apakah Anda hamil atau tidak dengan membeli sebuah test pack dan mencobanya di rumah. Namun, mengapa hasil test pack negatif tapi belum haid? Bukankah salah satu tanda-tanda kehamilan adalah terlambat datang bulan?

test pack negatif tapi belum haid

ADA beberapa penyebab test pack negatif, meskipun Anda sudah terlambat haid. Agar tidak kecewa, kenali beberapa penyebab hasil test pack negatif tapi belum haid berikut ini.

Anda tidak hamil

Jawaban yang paling to the point ketika hasil test pack Anda negatif adalah Anda belum hamil. Anda dan pasangan sudah mengikuti program hamil, bahkan mungkin saja Anda telah merasakan tanda-tanda kehamilan, tetapi bagaimana jika hasil tes Anda tetap negatif?

Jika dalam beberapa hari ke depan Anda masih belum mendapatkan haid, tak ada salahnya untuk kembali mencoba cek kehamilan dengan test pack. Jika hasilnya masih negatif, mungkin sudah saatnya untuk periksa ke dokter atau bidan untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut.

Baca juga: Benarkah Tes Darah Kehamilan Lebih Akurat daripada Test Pack?

Melakukan tes terlalu dini

Ada banyak test pack yang mengklaim bahwa produknya dapat memberikan hasil yang akurat meskipun digunakan 5 hari sebelum siklus haid seharusnya datang. Namun, cara ini tidak bekerja pada semua orang.

Pengujian yang terlalu awal dapat memberikan hasil yang negatif meskipun sebenarnya Anda memang berpotensi hamil. Sebaiknya, tunggu sampai menstruasi Anda benar-benar terlambat dan lakukan tes ulang.

Test pack menguji kehamilan melalui HCG yang merupakan hormon yang diproduksi oleh wanita hamil. HCG akan meningkat dua kali lipat setiap dua hari di awal-awal kehamilan. Jadi, semakin terlambat Anda melakukan tes, maka semakin besar kemungkinan Anda memperoleh hasil yang akurat.

Keguguran atau kehamilan kimia

Penyebab test pack negatif meskipun Anda melakukan pengujian setelah terlambat haid adalah Anda mengalami keguguran. Ciri-ciri wanita yang mengalami keguguran adalah test pack tidak mendeteksi adanya HCG di dalam urin meskipun sudah terlambat haid berminggu-minggu.

Selain itu, hasil test pack juga bisa negatif apabila seseorang mengalami kehamilan kimia. Ini adalah kondisi di mana hari ini hasil test pack Anda positif, tapi setelah beberapa hari atau minggu kemudian hasilnya adalah negatif. Atau bisa saja hasil tes Anda hari ini positif, tapi keesokan hari Anda mengalami menstruasi.

Kerusakan pada test pack

Masalah test pack negatif, tapi belum haid bisa saja disebabkan karena kerusakan pada test pack yang Anda gunakan. Sementara haid Anda yang tertunda mungkin disebabkan karena perubahan hormon pada diri Anda. Test pack yang kadaluarsa juga bisa berpotensi memberikan hasil yang tidak akurat.

Baca juga: Telat Haid? Belum Tentu Anda Hamil, Lho!

 

Tidak perlu kecewa jika Anda mendapatkan hasil test pack negatif tapi belum haid. Anda bisa mencobanya beberapa hari kemudian. Namun, jika hasilnya masih negatif, maka tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang lebih akurat. Apabila hasil tes dokter tetap negatif, Anda dapat langsung mempersiapkan program kehamilan dengan dokter kandungan Anda.

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: