Tes Kehamilan

Tes Darah Tes Kehamilan

Selain melalui tes urin, tes kehamilan lainnya adalah dengan tes darah. Pada praktiknya, darah yang diambil akan diuji di laboratorium untuk dibaca kadar hormon hCG-nya.

Tes darah terkait kehamilan pada dasarnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu tes darah hCG kualitatif dan kuantitatif. Kalau tes darah kualitatif hanya untuk memeriksa apakah ada hormon hCG yang diproduksi oleh tubuh atau tidak, lain halnya dengan tes darah hCG kuantitatif yang sifatnya lebih spesifik.

Dibandingkan tes urin atau tes darah hCG kualitatif, tes hCG kuantitatif lebih unggul karena dapat menghitung jumlah hCG dengan akurat.

Dan biasanya kalau kadar hCG dalam tubuh lebih tinggi atau rendah dari yang diharapkan, maka dokter mungkin akan meminta Anda melakukan tes lain seperti USG, atau mengulangi tes hCG beberapa hari mendatang. Hal ini dikarenakan abnormalitas kadar hCG dapat menjadi pertanda masalah pada kehamilan.

Kelebihan lain dari tes darah adalah dapat mendeteksi kehamilan lebih dini ketimbang tes urin, yaitu 7-12 hari setelah pembuahan. Sementara kekurangannya adalah, Anda harus menyiapkan dana yang lebih mahal ketimbang tes urin ataupun