Tenangkan Si Dia yang Sedang Marah dengan 5 Teknik Ini

Menghadapai pasangan yang sedang emosi diperlukan cara menenangkan pasangan yang sedang marah secara tepat. Saat emosi Si Dia sangat tinggi, terkadang Anda akan merasa frustrasi menghadapinya. Namun, jika Anda mengerti trik menenangkan pasangan yang sedang emosi, situasi perlahan akan kembali normal.

cara menenangkan pasangan yang sedang marah

DALAM hubungan asmara, pasti akan ada rasa kesal, marah dan emosi yang dapat membuat suasana panas. Pasangan yang sedang emosi terkadang dapat membuat Anda bingung bagaimana cara menghadapinya. Saat Anda merasa tidak tahu bagaimana mengatasi permasalahan yang ada, pasangan akan bertambah kesal dan menunjukkan emosi yang meledak-ledak. Ujung-ujungnya akan muncul pertengkaran hebat dan dapat membuat hubungan renggang. Jika Anda menginginkan hubungan yang langgeng, Anda patut mengerti cara menenangkan pasangan yang sedang marah. Berikut 5 trik dan cara menenangkan pasangan yang sedang emosi.

Katakan pada pasangan bahwa Anda mengerti mengapa dia marah

Pasangan Anda marah karena ada sebabnya. Untuk menenangkannya yang sedang emosi, Anda perlu mengerti alasan mengapa pasangan dia marah. Dengan mengatakan sesuatu seperti, “Kamu marah karena aku nggak telepon, padahal aku sudah janji mau telepon.” atau “Kamu kesal karena aku terlambat untuk pergi dinner bareng, ya.”

Mengulangi alasan mengapa pasangan marah, membantu Si Dia melihat bahwa Anda memahami emosi dan peka terhadap perasaannya. Hal itu bisa mencairkan suasana hatinya dan pasangan pun akan mengerti bahwa Anda memahami mengapa dia marah.

Hadapi Si Dia dengan tenang dan tidak marah

Saat pasangan sedang emosi, sebaiknya Anda harus menanggapi dengan emosi yang tenang. Jika Anda juga merespon dirinya dengan marah, situasinya kemungkinan akan berubah menjadi panas. Anda dan Si Dia  akan berteriak satu sama lain dan itu akan memperburuk situasi.

Namun, jika Anda merespon dengan tenang, itu bisa menunjukkan kepada pasangan bahwa Anda tidak mencari pertengkaran. Perlahan, Si Dia pun akan luluh dan melihat Anda bukan sebagai ancaman tetapi sebagai pelindung yang akan selalu ada untuk menenangkan suasana hatinya.

Baca juga: 7 Tantangan dalam Relationship dan Cara Mengatasinya

Gunakan humor untuk membuatnya tersenyum

Salah satu cara menenangkan pasangan yang sedang marah adalah dengan mengajaknya tertawa dan tersenyum. Tertawa membantu menghilangkan stres dan dapat mengubah mood menjadi lebih bak. Saat Si Dia sedang emosi, cobalah untuk melontarkan lelucon yang dapat membawa kelegaan dan meredakan ketegangan.

Saat mengatakan lelucon pun, Anda harus berhati-hati dan hindari mengolok-oloknya yang sedang marah. Sebagai gantinya, buatlah lelucon tentang diri Anda atau sesuatu yang berkaitan dengan situasi yang ada untuk mengalihkan pikirannya yang marah. Pasangan yang tadinya marah perlahan akan menunjukan senyum kecil dan ketegangan pun mereda.

Tunjukkan empati

Menunjukkan kepada orang yang sedang marah bahwa Anda peduli dengan perasaan mereka dapat membantu menenangkan hatinya. Pada dasarnya, semua orang ingin diperhatikan dan dihargai oleh orang lain.

Saat pasangan sedang marah, dia akan merasa dihargai saat Anda menunjukkan rasa peduli terhadap perasaannya. Hal ini memperlihatkan sifat empati dan simpati Anda terhadap pasangan dan Si Dia akan menyadari bahwa Anda peduli terhadap isi hatinya.

Ajukan pertanyaan kepada Si Dia

Cara menenangkan pasangan yang sedang emosi dapat dilaukan dengan mengajukan pertanyaan spesifik kepada Si Dia tentang bagaimana dia ingin Anda bereaksi terhadap situasi ini. Anda dapat melontarkan pertanyaan seperti, “Bagaimana saya bisa membuat kondisi ini lebih baik?” Atau “Apa yang kamu inginkan dari saya saat ini?”

Pertanyaan tersebut dapat membantu Anda mendapatkan akar permasalahannya dan melihat alasan yang sebenarnya mengapa Si Dia kesal dan marah. Setelah mengetahui alasan mengapa pasangan marah, Anda akan mengerti problem yang ada dari sudut pandang pasangan Anda. Dengan demikian, Anda pun dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Baca juga: Stop Lakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Hubungan yang Sehat dengan Si Dia

 

Cara menenangkan pasangan yang sedang marah di atas tidak hanya dapat diterapkan untuk pasangan Anda, tetapi juga dapat Anda lakukan saat menghadapai rekan kerja, teman, atau orang lain dengan emosi tinggi.

Kunci saat menghadapi seseorang yang sedang marah adalah menghadapi dengan emosi tenang dan tidak terpancing dengan emosi tinggi pula. Saat Si Dia melihat ketulusan hati Anda, maka emosinya perlahan akan menurun dan situasi juga akan turut mencair.

An owl who likes coffee, movies and humanity.

%d bloggers like this: