Tak Perlu Panik Jika Mengalami 6 Hal Ini Saat Sedang Hamil

Sangat normal jika Anda khawatir akan segala hal pada saat hamil, terutama jika Anda pernah memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Sebenarnya Anda tidak perlu buru-buru ke dokter bila mengalami suatu hal yang dirasa janggal saat hamil. Pasalnya, kami akan memberikan jawaban untuk 6 hal yang bisa membuat Anda panik saat sedang hamil.

hamil tapi tidak mual

APAKAH itu keluar darah setelah berhubungan intim atau hamil tapi tidak mual? Yuk, temukan jawabannya di sini.

Ketika Anda mengalami 6 hal berikut ini Anda tidak perlu panik dan buru-buru mencari pertolongan di rumah sakit atau dokter. Berikut ini adalah penjelasan yang tepat untuk mengatasi rasa panik Anda ketika mengalami hal-hal di bawah ini.

Memiliki sedikit kontraksi

Kontraksi dan kram adalah hal yang sangat normal dialami oleh wanita hamil. Setiap wanita hamil akan mengalami kontraksi dalam waktu yang berbeda. Pada trimester pertama, Anda mungkin akan merasakan perut sakit saat hamil dan kram ketika janin di rahim Anda mulai bertumbuh.

Setelah melewati trimester pertama, wanita hamil akan mengalami kontraksi yang terkadang sangat menyakitkan. Namun, rasa sakit akibat kontraksi ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, jika kontraksi terjadi sebanyak 6 kali atau lebih dalam waktu 1 jam, maka Anda perlu menghubungi dokter kandungan Anda.

Sakit saat hamil

Beberapa infeksi memang meningkatkan risiko keguguran atau bayi meninggal saat dilahirkan. Namun, bukan berarti kehamilan Anda berisiko saat Anda terkena flu. Ketika Anda mengalami sakit saat hamil, seperti flu, yang Anda butuhkan hanyalah istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Anda dapat berkonsulltasi ke dokter apabila Anda mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius dan tidak kunjung turun dengan obat penurun panas biasa
  • Sesak napas atau kesulitan untuk bernapas
  • Muntah atau diare yang berlangsung selama 3 hari
  • Nyeri yang sangat parah di area perut
  • Dehidrasi terus menerus

Pendarahan setelah berhubungan intim

Ketika keluar darah setelah berhubungan intim, mungkin Anda akan merasa panik dan mengira bahwa Anda mengalami keguguran karena melakukan penetrasi.

Wanita hamil mungkin akan mengalami sedikit pendarahan pada vagina setelah berhubungan seks. Namun, hal tersebut tidak selalu berarti keguguran karena bisa saja disebabkan karena perubahan hormon dan fisik yang mengakibatkan Anda lebih mudah mengalami pendarahan.

Pendarahan yang normal dialami oleh wanita hamil ini umumnya tidak terlalu banyak dan hanya berlangsung selama beberapa hari dan akan berhenti dengan sendirinya. Wanita yang hamil disarankan untuk mengunjungi dokter apabila mengalami pendarahan sebanyak menstruasi atau pernah memiliki riwayat plasenta previa sebelumnya.

Baca juga: Keluar Darah Setelah Berhubungan Intim? Ini Penjelasannya

Tidak merasakan pergerakan bayi

Bagi wanita yang baru pertama kali hamil, mungkin Anda tidak sabar menanti pergerakan bayi di dalam kandungan Anda. Sayangnya, Anda tidak merasakan pergerakan apapun dari bayi dalam kandungan Anda. Tak perlu panik karena wanita yang baru pertama hamil akan merasakan pergerakan bayi setelah trimester kedua.

Jika setelah Anda mengalami pergerakan bayi dan Anda tidak merasakannya lagi, maka Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh penanganan yang baik. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai kemungkinan adanya kontraksi palsu dan risiko lainnya.

Mengalami gejala keguguran

Apakah Anda pernah mengalami keguguran sebelumnya? Wajar jika Anda takut mengalami hal serupa lagi. Mungkin ketika hamil lagi Anda akan merasa bahwa itu adalah gejala keguguran. Namun, Anda tidak perlu panik karena wanita dengan riwayat keguguran sebelumnya bukan berarti tidak bisa hamil kembali.

Untuk mencegah keguguran, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu mengenai waktu yang tepat untuk memulai program hamil lagi. Pasca keguguran, Anda tidak bisa langsung mengikuti program hamil karena kondisi rahim belum terlalu sehat.

Baca juga: Penyebab Flek Saat Awal Kehamilan

Tidak mengalami morning sickness

Morning sickness menang cukup menyiksa, tetapi setidaknya dengan mengalami morning sickness Anda jadi mengetahui bahwa saat ini Anda sedang hamil. Lantas, bagaimana jika hamil tapi tidak mual? Haruskah Anda mengkhawatirkan hal ini?

Tidak semua wanita hamil mengalami morning sickness. Bahkan, beberapa wanita tidak merasakan mual selama kehamilan. Jadi, Anda tak perlu panik karena bisa saja Anda merupakan wanita yang tidak mengalami mual dan muntah saat hamil.

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: