Si Dia Ketahuan Selingkuh? Ini yang Harus Dilakukan

Tips Cinta

Saat pacar selingkuh, dunia serasa terhenti. Kita pun seringkali terjebak dalam kebingungan untuk menentukan langkah selanjutnya. Apakah kita pantas memberinya kesempatan kedua atau dengan tegas menghentikan hubungan sampai di situ saja? Inilah cara menghadapi pacar yang ketahuan selingkuh agar Anda tak terjebak dalam dilema! 

cara menghadapi perselingkuhan

KARENA nila setitik, rusak susu sebelanga. Rasanya kita patut setuju dengan peribahasa ini jika mengaitkannya dengan perselingkuhan. Saat pacar selingkuh, seolah semua kebaikan yang pernah dilakukannya hilang dan saat itu pulalah tak ada lagi kepercayaan.

Walau ia sudah meminta maaf dan berjanji tak akan mengulanginya lagi, kepercayaan sudah telanjur hilang and we can’t stop but keep suspecting him or her. Di titik ini pula kita mulai bertanya-tanya, apakah memaafkannya adalah langkah tepat?

Selingkuh adalah permasalahan besar dalam sebuah hubungan dan perlu komitmen 100% dari Anda dan pasangan jika ingin kembali melanjutkan kebersamaan setelah peristiwa ini. Sulit memang. Namun, jika Anda memang yakin dengan pasangan Anda, tujuh cara menghadapi pacar yang ketahuan selingkuh di bawah ini patut dicoba!

Cari Bantuan dari Profesional

Anda dan pasangan tak dapat menampik bahwa selingkuh adalah persoalan besar. Dan jika Anda memang ingin memulai hubungan kembali, jangan malu untuk mendapatkan bantuan langsung dari ahlinya.

Pergilah ke terapis bersama pasangan untuk mendapatkan solusi. Pun, dengan pergi ke terapis, Anda dan pasangan dapat mengetahui akar permasalahan perselingkuhan ini. Sekali akar masalah tersebut diberantas, selingkuh pun tak perlu diulangi lagi.

Komitmen untuk Berubah

Membalas pacar selingkuh jelas bukanlah langkah yang tepat. Alih-alih menyelesaikan masalah, ini justru akan memperbesar masalah. Sebaliknya, berkomitmenlah untuk membantunya.

Saat pacar Anda berkomitmen untuk tetap setia dan tak akan lagi menyentuh perselingkuhan, Anda pun perlu berkomitmen untuk kembali percaya. Jika Anda terus-menerus curiga kepadanya, bisa jadi ia akan jengah dan mencoba “kabur” dari Anda dengan mencari pasangan baru. Love is like the sand, darling. More you hold it, more it will go.

Sadari Penyebab Sebenarnya

Selingkuh bukan hanya soal ketertarikan fisik. Ada permasalahan mendasar di bawah itu semua. Anda dan pasangan perlu benar-benar terbuka untuk mengetahui hal ini lalu mengatasinya bersama-sama.

Baca juga: 3 Alasan Sebenarnya Wanita Selingkuh

Buatlah Relationship Model Anda

Setelah mengetahui permasalahan sebenarnya dalam hubungan Anda, mulailah membuat relationship model. Relationship model berisi tentang hubungan ideal yang Anda dan pasangan harapkan beserta resolusi-resolusi yang mesti kalian wujudkan untuk mencapai harapan itu.

Dalam beberapa kasus, perselingkuhan sebenarnya justru menjadi penyelamat sebuah hubungan. Sebab, berkat peristiwa ini, Anda dan pasangan akan saling membicarakan hubungan dan mencari tahu apa-apa yang perlu dibenahi. It’s time to turn bad news into good news.

Jangan Takut untuk Meninggalkannya

Cara menghadapi pacar yang ketahuan selingkuh bisa jadi adalah dengan meninggalkannya. Setelah Anda dan pasangan mencoba berdamai kembali dan Anda merasa tak cukup mampu untuk memaafkan dan memercayainya lagi, then it’s okay to leave.

Anda tak punya kewajiban untuk tetap bersamanya. Dan jangan menganggap ini sebagai kegagalan. Anggaplah ini sebagai pembelajaran untuk mendapatkan hubungan yang lebih baik.

Cari Tahu Penyebab Lainnya

Jika pacar Anda tetap mengulangi perselingkuhannya, ini berarti ada masalah lain yang mendasarinya yang ia tak katakan pada Anda. Dan jika ia tetap tak mau berterus terang, maka memutuskan hubungan adalah langkah terbaik.

Ini bukan jalan satu arah. Anda tak harus terus maju. Di satu titik, Anda berhak untuk memutar balik.

Mungkin Hubungan Anda adalah Masalahnya

Menghadapi perselingkuhan adalah hal yang melelahkan, bukan? Dan jika kejadian ini terus berulang tak peduli seberapa kerasnya Anda dan pasangan mencoba untuk berubah, mungkin ini saatnya untuk menerima kenyataan bahwa hubungan Anda adalah masalah yang sebenarnya.

Hubungan Anda dan pasangan memiliki terlalu banyak cacat dan memerlukan terlalu banyak usaha untuk membuatnya bertahan. So, let it go.

Baca juga: Tanyakan 7 Hal Ini Pada Pasangan Sebelum Memutuskan Hubungan