Sering Pegal? Atasi Dengan Konsumsi Makanan Ini

Tips Sehat

Sebagian besar orang sering merasakan nyeri otot dan badan pegal secara tiba-tiba, namun mereka masih bingung bagaimana cara mengatasi badan pegal dan mengurangi rasa nyeri tersebut. Banyak tips sehat yang dapat dilakukan diantaranya berolahraga dan mengonsumsi makanan kaya gizi yang bermanfaat bagi kesehatan otot.

SERINGKALI kita merasakan nyeri otot dan pegal karena terlalu lama beraktivitas. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya cairan dalam tubuh, tersumbatnya aliran pembuluh darah, dan kurangnya asupan zat-zat bergizi bagi kesehatan tubuh kita seperti vitamin, mineral, dan protein, sehingga sering menyebabkan rasa nyeri dan pegal pada otot. Namun, karena terbatasnya waktu dan kesibukan kerja, kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga ataupun bersantai sejenak untuk mengurangi rasa nyeri pada otot dan rasa pegal.

Salah satu cara menyembuhkan otot pegal yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi makanan bergizi yang dapat mengatasi badan pegal dan mengurangi resiko terjadinya kram otot, nyeri otot, dan pegal. Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa Anda konsumsi untuk tubuh yang lebih bugar.

Makanan Berkalium

Kalium merupakan mineral terbanyak ketiga dalam tubuh manusia. Hal tersebut dibuktikan dengan kebutuhan kalium orang dewasa yan sebesar 4.700 miligram per hari. Kekurangan kalium dapat menyebabkan beberapa gejala kesehatan khususnya pada otot seperti lesu dan lemah otot.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan berkalium dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otot. Kita dapat menemukan makan berkalium dalam kehidupan sehari-hari misalnya buah-buahan seperti pisang, alpukat dan melon, ubi jalar, serta kentang. Pisang menghasilkan zat kalium yang dapat memaksimalkan fungsi sistem saraf dan melindungi sistem saraf otot.

Seledri

Salah satu cara menyembuhkan otot pegal adalah mengonsumsi seledri. Kita sering menggunakan seledri untuk obat ataupun bumbu masakan dalam kehidupan sehari-hari.

Seledri mengandung zat natrium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh. Selain itu, manfaat seledri lainnya adalah membantu merangsang kontraksi otot sehingga mengurangi rasa nyeri dan pegal pada otot.

Yogurt

Mengonsumsi yogurt merupakan salah satu cara mengatasi badan pegal. Yogurt rendah lemak, susu, dan beberapa olahan susu lainnya adalah contoh beberapa makanan yang mengandung zat kalsium.

Zat kalsium bermanfaat untuk merangsang kontraksi otot, sehingga terhindar dari rasa pegal dan nyeri pada otot. Sebaliknya, kekurangan zat kalsium dalam tubuh dapat menyebebakan kejang pada otot.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu contoh makanan yang mengandung zat magnesium. Zat magnesium bermanfaat untuk menjaga kinerja kerja otot dan saraf serta menjaga kerja jantung. Oatmeal dapat dikonsumsi saat sarapan ataupun cemilan saat siang.

Wedang Jahe

Jahe adalah bumbu dapur yang hampir kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Menyeduh jahe dengan air hangat dapat mengurangi pembengkakan otot dan peradangan sendi yang menyebabkan rasa nyeri pada otot dan rasa pegal.

Infused Water

Saat ini kita mungkin mengalami kesulitan untuk membuat dan menemukan bahan-bahan untuk membuat jamu layaknya jamu yang dikonsumsi orang tua kita dulu. Namun sekarang, Anda dapat membuat versi modern dari jamu, yaitu infused water. Meskipun berbeda, namun minuman ini memiliki khasiat yang mirip dengan jamu.

Anda dapat membuat infused water dari buah-buahan untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal yang kita rasakan. Infused water sederhana yang dapat Anda buat untuk memulai aktivitas sehari-hari, di antaranya seduhan air lemon, timun, ataupun jeruk.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah contoh lain makanan yang mengandung zat magnesium. Mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu mengurangi kontraksi pada otot dan mencegah rasa nyeri dan pegal pada otot.

Ice cream lover. Knows everything about movies. Knows a little about everything else.

%d bloggers like this: