Sedih Baru Putus? Cepat Move On dengan 8 Langkah Ini

Tips Cinta

Dalam hubungan asmara, kata-kata “putus” dapat menjadi suatu malapetaka. Sedih berkepanjangan karena putus cinta dan masih terbayang-bayang mantan. Saatnya lupakan mantan. Masih ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan dan kejar. Apa saja cara move on paling ampuh?

cara move on paling ampuh

PERASAAN sedih karena putus cinta adalah hal yang wajar. Anda mengharapkan hubungan dengan Si Dia berjalan mulus tetapi ternyata harus bubar di tengah jalan. Lalu, Anda semakin bersedih, terpuruk seakan-akan hanya dirinya yang mampu membuat Anda bahagia.

Semua aktivitas terganggu, perasaan malas bertemu dengan orang lain, menangis berjam-jam menyesali keadaan dan ujung-ujungnya Anda tidak bisa move on.

Bersedih itu wajar, tetapi jangan kelamaan. Dunia masih berputar dan Anda masih harus melanjutkan kehidupan. Ada 8 trik cara move on paling ampuh yang dapat Anda ikuti.

Terima perasaan sedih Anda dan menangislah jika itu membuat Anda lega

Saat putus dari pasangan, Anda pasti merasa kosong seperti tidak berguna karena orang yang Anda cintai memutuskan hubungan. Seorang aktor, Jim Dailakis, mengatakan, “Putus cinta itu seperti kematian. Perasaan kosong karena kematian cinta yang dulu Anda rasakan dan kini berubah. Kunci untuk cepat move on dari itu adalah dengan membiarkan diri Anda bersedih karena perasaan itu. Mengislah jika itu membuat Anda lega. ”

Ya, putus cinta itu seperti Anda merasakan kematian rasa cinta yang dalam terhadap pasangan. Jangan tahan perasaan Anda, biarkan diri Anda melepas emosi kesedihan. 1-2 hari cukuplah untuk bersedih, setelah itu saatnya menata kehidupan dan kembali ke dunia nyata.

Luangkan waktu untuk diri sendiri dengan putus hubungan sementara dengan orang luar

Saat kesedihan melanda, wajar apabila Anda ingin sendiri tanpa gangguan dari luar. Luangkan waktu untuk diri sendiri dan berefleksi diri. Ini saatnya Anda menenangkan diri sendiri.

Laura Yates, seorang pakar psikologi asmara dari Inggris, mengatakan, “Ada baiknya untuk memutuskan kontak email, SMS, atau media sosial beberapa hari karena Anda perlu waku untuk meluapkan rasa emosi dan perasaan sedih. Ketika baru putus dari pasangan, semua perasaan pasti bercampur. Ada rasa kecewa, marah dan sedih. Anda membutuhkan waktu untuk berefleksi dari apa yang sudah terjadi.”

Baca juga: Ini Alasan Anda Harus Menghindari Sosmed Pasca Putus

Jangan tutupi rasa patah hati Anda

Putus dari orang yang Anda sayangi memang menyedihkan. Supaya cepat move on, salah satu kuncinya adalah jangan menutupi perasaan sedih. Jika Anda bersedih, silahkan bersedihlah. Namun, setelah Anda merasakan kesedihan itu ingatlah bahwa sedih berkepanjangan itu tidak ada gunanya.

Menurut Dr. Sion Rego, direktur Pusat Training Psikologi Montefiore Medical Cente New York, mengungkapkan bahwa salah satu cara mengatasi rasa sedih adalah dengan CBT atau Cognitive Behavioral Therapy, yaitu terapi kognitif untuk mengatur kembali kejiwaan yang penuh dengan rasa kecewa, marah, terluka merasa dibohongi.

Dari perasaan negatif tersebut, dapat muncul pemikiran negatif seperti adanya rasa tidak percaya dengan orang lain, perasaan takut untuk berhubungan dengan orang lain, dan menutup diri dari dunia luar.

Dengan terapi CBT, setiap orang akan melalui fase dimana mereka harus menerima perasaan kekecewaan dengan meluapkan emosi negatif yang ada. Setelah itu, perasaan akan semakin lega karena semua uneg-uneg sudah keluar dan siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya demi masa depan yang lebih baik.

Ubah cara pikir negatif Anda menjadi ke arah yang positif

Emosi negatif karena kecewa terhadap pasangan dapat memunculkan cara pandang negatif terhadap sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Anda menjadi takut berhubungan dengan orang karena sudah ada rasa trauma.

Cara pandang negatif seperti itu harus dihapus dari pikiran Anda. Dr. Rego mengatakan bahwa tidak perlu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Semakin dipikirkan, Anda akan semakin takut. Kuncinya adalah dengan mengontrol pikiran Anda bahwa ini saatnya untuk meninggalkan masa lalu yang menyakitkan dan bersiap untuk kembali ke dunia sosial nyata.

Jujur terhadap diri sendiri

Masa putus cinta memang menyakitkan. Cara move on paling ampuh adalah dengan jujur terhadap diri sendiri dan jujur menerima keadaan yang ada. Saat Anda berpikir lagi tentang hubungan asmara, mungkin memang ada pola tingkah laku yang Anda tidak sadari menyakiti pasangan Anda.

Jujur terhadap diri sendiri memang tidak menyenangkan. Namun, dengan begitu Anda akan cepat menerima keadaan. Hanya karena Anda mencintai pasangan Anda, belum tentu Anda akan menikah dan memiliki masa depan dengannya.

Anggap saja keadaan ini menjadi titik dimana Anda tidak ditakdirkan bersama, lebih baik sakit sekarang daripada nantinya Anda akan menerima kenyataan yang lebih pahit lagi bersama Si Mantan.

Cari pengalaman baru akan membuat Anda lebih ceria

Di tahap ini, Anda sudah merasakan kesedihan karena putus cinta, Anda menangis berhari-hari, tetapi itu cukup. Cara move on pasca putus cinta dapat dilakukan dengan pergi ke salon. Mengubah gaya rambut dan penampilan dapat membantu mengembalikan mood Anda.

Penampilan baru dapat menjadi tanda Anda siap kembali ke dunia nyata dan fokus terhadap diri sendiri. Gunakan momen ini untuk mencari pengalaman baru dan cerita baru.

Jika Anda ingin daftar di sekolah tari, silahkan saja. Temukan hobi baru atau Anda bisa fokus mendalami kegiatan yang Anda sukai. Alihkan perasaan negatif ke sesuatu yang lebih positif dan membuat Anda lebih ceria dan bahagia.

Saatnya untuk berkumpul bersama teman-teman dan keluarga

Setelah melewati masa terpuruk yang membuat Anda down, Anda membutuhkan teman dan keluarga untuk menghibur dan melupakan kesedihan yang ada. Tanpa Si Mantan, hidup Anda masih berwarna dengan sahabat dan keluarga terdekat.

Keluarga dan teman pasti akan mengerti dengan kesedihan Anda, tetapi jangan terlalu baper. Anda membutuhkan dorongan semangat dan siapa tahu canda tawa dapat menutupi kesedihan Anda.

Atur rencana liburan dengan sahabat Anda dapat menjadi cara move on pasca putus cinta. Bersenang-senanglah dan nikmati waktu yang ada.

Tidak perlu mengingat masa lalu, nikmatilah masa sekarang dan persiapkan masa depan Anda

Masa-masa buruk telah lewat, mungkin Anda mempunyai pikiran untuk takut berhubungan dengan orang lain setelah masa putus cinta ini. Namun, perlu Anda ingat bahwa yang sudah terjadi adalah masa lalu yang tidak perlu diingat kembali. Jadikan itu pelajaran hidup.

Cara move on paling ampuh adalah dengan menikmati masa-masa yang sekarang dan tidak perlu mengingat masa lalu yang membuat Anda jatuh dan terpuruk. Anda tidak dapat mengubah keadaan. Yang bisa Anda perbuat adalah memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih positif.

Nikmati waktu bersama keluarga. Terima dengan perasaan positif dan jangan takut. Dengan begitu, Anda dapat berpaling dari masa lalu dengan mudah.

Baca juga: Berapa Lama Waktu untuk Move On Setelah Putus?

Jika Anda berada di fase putus cinta, kini saatnya Anda move on. Mantan hanyalah masa lalu. Masih ada masa depan yang perlu Anda hadapi. Jalani semua dengan positif, maka Anda akan lebih cepat move on dari bayang-bayang mantan.

An owl who likes coffee, movies and humanity.