Prostatitis

Pengertian Prostatitis

Kelenjar prostat adalah bagian tubuh pria yang terletak di bawah kandung kemih. Fungsi organ ini ialah memproduksi cairan semen yang mampu menutrisi sperma.

Salah satu penyakit yang mungkin menyerangnya ialah prostatitis. Prostatitis adalah pembengkakan dan peradangan kelenjar prostat. Prostatitis seringkali menyebabkan rasa sakit dan kesulitan buang air kecil. Gejala lainnya termasuk rasa sakit di bagian kunci paha dan organ panggul.

Prostatitis adalah penyakit yang menyerang semua usia, khususnya pria yang berusia 50 tahun atau lebih. Prostatitis memiliki banyak sebab dan gejala. Kadangkala, gejalanya bahkan tidak teridentifikasi. Sekitar 5-10% kasus prostatitis disebabkan oleh bakteri yang dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Berdasarkan penyebabnya, prostatitis dapat datang secara bertahap atau tiba-tiba. Walaupun terapi dan penanganannya relatif mudah, prostatitis tidak dapat disepelekan karena dapat berkembang menjadi infeksi atau peradangan yang lebih parah. Beberapa tipe prostatitis bertahan selama beberapa bulan atau kerap berulang dalam kurun waktu tertentu untuk tipe prostatitis yang kronis.

Beberapa tipe prostatitis ialah:

  • Prostatitis bakterial akut. Seperti namanya, prostatitis jenis ini disebabkan oleh bakteri. Gejalanya cenderung menyakitkan. Penderita dengan jenis prostatitis ini biasanya mengalami infeksi urin yang parah.
  • Prostatitis bakterial kronis. Prostatitis jenis ini disebabkan oleh infeksi urin yang berulang yang telah menjalar ke kelenjar prostat. Penanganannya adalah dengan menggunakan antibiotik.
  • Prostatitis nonbakterial kronis. Jenis ini tidak disebabkan oleh bakteri dan ditandai dengan rasa sakit di bagian kandung kemih dan alat kelamin. Jenis ini adalah yang paling banyak ditemukan dari semua jenis prostatitis